Skip to main content
tips interview kerja
Career Advice

Dear Fresh Graduate, Ini Tips Interview Kerja Paling Pas Buat Kamu

By Dimas Setyawan on September 12, 2019

Kita semua pasti pada setuju kalau dunia kerja itu jauh berbeda dengan dunia perkuliahan. Dan lebih dari itu, bahkan ada banyak banget ilmu dan pelajaran yang kita nggak pernah dapat di jaman sekolah atau kuliah, tapi justru dibutuhkan banget saat mencari kerja. Salah satunya adalah proses interview kerja. Itulah kenapa banyak fresh graduate atau lulusan baru yang mencari artikel soal tips interview kerja terbaik untuk memaksimalkan kesempatan berkarir mereka.

Nah, para fresh graduate, nggak usah pusing lagi deh soal ini karena Kalibrr punya beberapa tips interview kerja terbaik yang bisa kamu coba saat proses mencari kerja.

1. Persiapan yang matang
Tahu nggak sih, apa hal yang paling sering membuat proses interview itu gagal? Yes, persiapan! Sebelum kamu melakukan interview, ada baiknya kamu mempersiapkan segala hal yang terkait dengan perusahaan tersebut. 

Dan ingat yah, mencari tahu soal sang calon rekruter itu bukan cuma soal profil perusahaan di wikipedia aja. Selain soal profil perusahaan dan bidang bisnis yang ditekuni, kamu juga perlu mencari tahu budaya kerjanya, dan segala hal yang menyangkut suasana kerja perusahaan tersebut.

2. Cerita soal pencapaianmu
Saat interview kerja, menceritakan semua hal soal pencapaianmu di pengalaman sebelumnya itu lumayan cukup membantu. Eits, meskipun kamu masih fresh graduate dan belum punya pengalaman kerja, bukan berarti kamu nggak bisa cerita soal pencapaian, loh!

tips interview kerja


Kamu bisa banget bercerita soal pencapaianmu di kampus, pengalaman berorganisasi, atau bahkan pencapaianmu saat magang. Apapun bisa kamu ceritakan, asalkan kamu membuat draft dan menyusunnya secara rapi terlebih dahulu. Dan ingat, jangan ngarang yah!

3. Jangan terlalu “jualan”
Kamu pernah deketin lawan jenis? Baik cowo atau cewe, ketika kita deketin mereka secara agresif, mereka pasti akan lebih cepat kabur. Atau mungkin kamu pernah ketemu sales kartu kredit di mall yang maksa banget nawarin produk? Reaksi kamu pasti risih, kan?
 
Nah, sama deh tuh sama interview kerja. Saat kamu sedang interview kerja, ada baiknya kamu jangan terlalu ngomongin soal kamu. Jangan terlalu memaksakan untuk terlihat menonjol. Santai aja, promosikan dirimu saat ada kesempatan, dan jangan pernah memotong pembicaraan.

4. Fokus sama potensimu
Ada banyak anak fresh graduate yang terlalu malu untuk menunjukkan dirinya. Paham sih, mungkin karena ini interview kerja pertamamu, kamu jadi ingin terlihat sempurna. Padahal, hal itu justru membuat gerakmu lebih terbatas.

Saat interview kerja, jangan ragu untuk menunjukkan potensi yang kamu miliki, terutama yang terkait soal lowongan pekerjaan yang kamu lamar. Ceritakan aja semua yang kamu senangi, hobi kamu, ilmu yang kamu dapat, impianmu, hingga prediksi kamu soal diri kamu di masa depan. Tapi, jangan terlalu narsis juga, yah!

Nah, itu beberapa tips interview kerja terbaik dari Kalibrr yang bisa kamu coba. Semoga buat kamu para fresh graduate di luar sana, jadi nggak ragu lagi yah saat interview kerja.

 

Mau jadi apapun kamu, temukan lowongan yang pas untukmu di Kalibrr.id