Skip to main content
tips hidup jangan serius
Career Advice

5 Alasan Kenapa Hidupmu Enggak Perlu Serius-Serius Amat

By Dimas Setyawan on July 25, 2019

Namanya juga hidup, pasti banyak lika-liku di setiap detiknya. Mau apapun jalan yang kamu lalui, pilihan hidup yang kamu jalani, pasti banyak banget masalah yang akan kamu hadapi. Belum lagi jutaan jebakan yang kadang membuatmu rapuh dan letih. Memang, kadang hidup itu berat, membuat kepala jadi penat, tapi apakah hidup itu perlu serius-serius amat?


Nyatanya sih enggak, setiap dari kita pasti pernah mengeluh soal hidup, tapi kenyataannya hidup kita itu enggak perlu sampai seserius itu sih untuk dijalani. Ternyata, ada banyak alasan kenapa menjalani hidup itu enggak perlu serius amat. Berikut ini 5 alasan kenapa kita perlu rileks dan enggak terlalu serius memikirkan atau menjalani hidup.

1.    Karena terlalu serius bikin kamu lupa kasih sayang sesama
Enggak tahu juga sih untuk kamu yang mementingkan uang atau harta sebagai tujuan hidupmu. Tapi coba pikir lagi, deh, apakah uang bisa memberikan segalanya untuk kamu? Kalau kamu pikir enggak semuanya bisa kamu dapat dengan uang, berarti memang ada hal lain yang bisa kamu raih.

Yes, uang  memang penting, tapi hubungan keluarga atau orang terkasih di sekitarmu, bisa jadi harta yang paling berharga. Iya, kayak Keluarga Cemara gitu, deh. Energi dari orang terkasih mampu membuatmu mengerem sejenak ambisimu untuk membuat tubuhmu kembali normal. Hingga akhirnya kamu sadar bahwa hidup ini semenarik itu, dan sesantai itu.
 
2.    Jadi orang kaya juga enggak jamin bahagia, kok
Banyak dari kita yang serius mikirin untuk mengejar harta sebagai pencapaian hidup. Seperti di poin sebelumnya, kalau itu membuat kamu bahagia, ya silakan. Tapi, faktanya, banyak orang yang bekerja serius hingga akhirnya kaya, enggak bahagia juga tuh. Bahkan, enggak jarang dari mereka rela berkorban segalanya untuk uang, dan berakhir menjadi kecewa hingga depresi.

Jadi, coba pikir lagi, apakah hidupmu layak dikorbankan seluruhnya demi sebuah hal yang enggak menjamin kebahagiaanmu? Mendingan juga santai kayak di pantai, tapi uang cukup, kan?

3.    Terlalu serius bikin kita galau, kebanyakan galau bikin kita enggak produktif
Ini nih penyakit yang doyan banget muncul di setiap kita; galau! Putus cinta, galau, gajian telat, galau, whatsapp cuma centang biru, galau, cicilan panci belum lunas, galau. Apa-apa galau. Terus akhirnya lupa deh kalau sebenarnya hidup kamu itu menarik banget untuk dijalani.

tips hidup jangan serius

Kebanyakan galau bikin kamu lupa kalau kamu punya talenta untuk bikin lagu terbaik untuk didengar, lukisan terbaik untuk dilihat, dan puisi tercantik untuk diresapi. Galau itu bikin kamu kaku, kelewat serius. Makanya jangan kebanyakan galau, nanti kamu melewatkan banyak hal menarik dalam hidupmu.

4.    Kamu itu cuma butiran debu
Kamu merasa bahwa kamu spesial, kamu merasa bahwa kamu bibit unggul yang baru lulus kuliah aja pantas diberi gaji di atas rata-rata. Kamu pun kemudian jadi merasa terbeban untuk terus tampil prima. Seakan-akan semua orang akan melupakanmu, enggak ngefans lagi sama kamu, dan unfollow semua sosmed kamu kalau kamu enggak tampil paripurna.

Seriusan? Faktanya, kamu enggak semenarik itu, gaez! Itu cuma ada di khayalan kamu aja. Jadi, alih-alih kamu pikir dirimu menarik dan jadi terbeban karena hal semu, lebih baik menerima dirimu apa adanya dan terus membuka diri untuk hal yang baru. 

5.    Selalu ada hal yang bisa ditertawakan
Saat kamu terlalu serius mikirin hidup, semua terasa membosankan dan menjenuhkan. Kamu menjadi mati rasa dan hilang perasaan. Ih, enggak banget deh, masa kamu mau sih jadi zombie gitu?

Padahal, ada banyak hal yang bisa membuatmu senang, loh! Dan faktanya, ada banyak hal yang bisa kamu tertawakan. Termasuk dirimu sendiri. Yes, enggak usah serius-serius menjalani hidup, dan kamu akan menemukan banyak hal menyenangkan di sekitarmu.

Jadi, gimana, masih mau serius-serius dalam jalani hidup? Enggak usah serius amat lah, yang penting seimbang yah!