Skip to main content
tips anti malas kerja
Career Advice

Yuk Lakukan Hal Ini Biar Kamu Nggak Kena Virus Malas

By Dimas Setyawan on November 13, 2019

Dalam dunia kerja, pasti ada waktu pasang dan surut, apalagi soal mood. Sayangnya, nggak jarang juga situasi dan kondisi terkait mood ini bikin kita jadi malas. Tapi, ada hal lain juga yang bisa membuat kamu jadi malas bekerja. Seperti virus malas dari lingkungan kerja, misalnya. Virus yang satu ini memang bisa berasal dari mana aja; rekan kerja yang toxic, atasan yang punya banyak mau, atau mungkin dari dirimu sendiri. Nah, ini juga yang membuatmu perlu sedikit tips kerja agar nggak malas.

Terkena virus malas itu sama sekali nggak ada bagusnya untuk karir kamu. Biar kamu nggak ikutan terkena virus malas yang sangat mengganggu pekerjaan kamu, simak beberapa tips kerja berikut ini supaya kamu nggak ketularan virus malas.

1. Buat rincian kegiatanmu
Penyakit malas itu terkadang muncul ketika kamu nggak bisa mengontrol pekerjaanmu sendiri. Ini yang sering terjadi juga pada mereka yang kurang bisa mengatur waktu dengan baik, sehingga tenaga lebih cepat terkuras. Padahal, pekerjaan belum selesai tapi tenaga sudah habis.

 

Untuk itu, penting banget mengatur rincian kegiatan dan pekerjaanmu selama sehari atau bahkan selama sepekan. Dengan merinci kegiatan, kamu jadi tahu mana saja kegiatan dan pekerjaan yang menjadi prioritasmu untuk diselesaikan. Ini lumayan efektif untuk membuatmu mengalokasikan tenaga selama kamu bekerja.

2. Fokus pada skala prioritas
Pekerjaan yang terasa banyak dan menumpuk itu terkadang hanya ilusi semata, kok. Ketika kamu mengerjakan semuanya secara serabutan, biasanya kamu akan merasa lebih cepat merasa lelah. Padahal, lelah dan letih itu sumber utama lahirnya rasa malas. 

tips anti malas kerja

Supaya hal ini nggak terjadi, setelah kamu membuat daftar kegiatan dan prioritasmu, tetaplah berpedoman pada daftar tersebut. Buat dirimu untuk fokus pada prioritas tersebut. Dengan begitu, kamu jadi bekerja lebih efektif dan hemat tenaga.

3. Jaga pola makan
Selain soal teknis mengatur waktu dan bobot kerjaan, menjaga asupan makanan juga penting untuk dilakukan. Selain bisa membuatmu lebih sehat, asupan makanan akan membuat tubuh kamu lebih kuat dan bertenaga dalam menghadapi setiap tantangan.

Menjaga pola makan juga penting banget untuk kamu lakukan supaya nggak kena virus malas. Dengan pola makan yang teratur, daya tahan kamu jadi lebih kuat. Sehingga kamu pun akan terhindar dari berbagai penyakit yang bikin kamu jadi mager. Seperti asam lambung, misalnya. 

4. Rajin olahraga dan jaga fisik
Selain mengatur pola makan, kamu juga bisa terhindar dari virus malas dan menjadi produktif dengan rajin berolahraga. Dengan rajin olahraga, tubuh kamu jadi punya metabolisme yang lebih stabil.

Ini tentu saja membuat tubuh kamu jadi lebih sehat dan tahan banting, karena kamu juga akhirnya jadi punya stamina yang lebih kuat untuk menjalankan setiap pekerjaan kamu. Nggak usah lama-lama, minimal 5 menit sehari udah oke banget kok.

5. Bayangkan kesenangan setelah bekerja
Hal yang terakhir ini juga bisa banget jadi poin penting suapaya kamu terhindar dari virus malas saat bekerja. Biasanya, poin ini bisa menjadi motivasi kamu untuk lebih semangat menjalankan pekerjaan.

tips anti malas kerja

Membayangkan kesenangan yang akan kamu rasakan setelah melakukan pekerjaan akan membuat kamu seperti terpecut untuk menyelesaikan pekerjaan sesegera mungkin. Tapi, jangan asal cepat yah, kamu juga harus melakukan setiap pekerjaan kamu dengan benar dan teliti.

Nah, itu beberapa tips dari Kalibrr Indonesia yang bisa kamu terapkan biar kamu nggak kena virus malas. Yuk, sebar ke teman atau kolega kamu di kantor juga, biar mereka jadi semangat untuk melakukan setiap pekerjaan.

 

tips anti malas kerja