Skip to main content
tips 80 20 pareto
Career Advice

Mencapai goal lebih efektif dengan teknik 80/20, begini caranya.

By Dimas Setyawan on August 8, 2019

Kita sih yakin kamu semua pasti punya tujuan atau goal masing-masing dalam hidup. Apapun itu, baik soal karir, keluarga, percintaan, semua pasti punya tujuan yang ingin dicapai. Tapi terkadang kita suka bertindak tanpa perencanaan dan eksekusi yang jelas. Apalagi soal pekerjaan, terkadang kita suka asal kerja dan berujung jadi enggak efektif. Padahal udah cari dan belajar tips karir terbaik, tapi tetap aja salah. Hmm, kalau begitu sepertinya kamu bisa mencoba teknik 80/20, atau Pareto Principle.

Apa sih teknik 80/20 atau Pareto Principle itu? Seperti namanya, cara ini pertama kali dikemukakan oleh ekonom asal Italia, Vilfredo Pareto pada tahun 1895. Dalam teknik ini, beliau ingin mengingatkan kita bahwa dalam mengerjakan sesuatu, kadang effort yang kita butuhkan untuk mencapai hasil maksimal, sebenarnya hanya 20% saja, selama kita bisa tahu titik masalahnya. Sedangkan terkadang kita suka berkutat dengan 80% sisanya, yang ternyata malah nggak berpengaruh banyak.
Jadi intinya, 80/20 ini adalah cara yang mengajarkan kita bertindak lebih efektif. Lalu, bagaimana yah caranya? Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menerapkan teknik 80/20 atau Pareto Principle.


1.    Tulis detail rencanamu
Sekarang ambil kertas dan alat tulismu. Atau pakai gadget kamu juga boleh kalau kamu mau. Abi situ, tulis semua detail rencanamu untuk mencapai tujuanmu. Mulai dari langkah persiapan, hingga langkah akhir. 

tips 80 20 pareto

Tulis dan bikin daftar untuk itu semua. Kemudian, dari semua list langkah kegiatanmu, pilihlah salah satu langkah yang menurut kamu mempunyai dampak paling besar untuk dikerjakan. Bisa di kegiatan awal, tengah, atau terakhir.

2.    Kerjakan yang susah dulu
Kamu pernah melihat orang yang begitu sibuk tapi enggak begitu produktif, kan? Nah, hal itu karena mereka biasanya asal mengerjakan tanpa tahu mana yang menjadi prioritas. Kebanyakan dari mereka malah sukanya mengerjakan pekerjaan yang paling mudah dahulu.

Kalau kamu mau mengikuti dia sih silakan, tapi memang sebaiknya sih kerjakan yang menurutmu susah dahulu. Dengan begitu, kamu akan punya beban lebih ringan di sisa pekerjaan akhir. Tetapi tetap diingat yah, apakah pekerjaan yang sulit itu termasuk dari 20% yang efektif, atau malah 80% yang sia-sia. 

3.    Tetap fokus sama tujuanmu
Sebuah studi menjelaskan bahwa ada perbedaan antara orang yang kaya dan orang yang pas-pasan. Sekitar 85% orang kaya itu mempunyai satu tujuan dan goal yang selalu ia fokuskan. 

 

Nah, kamu juga bisa mencontoh hal tersebut. Meskipun kamu sudah mengetahui soal Teknik 80/20 ini, kamu tetap harus fokus dalam mencapai tujuanmu, yah. Jangan mudah menyerah apalagi mengganti-ganti tujuan.

Jadi, bagaimana? Sudah ada pencerahan sedikit kan soal cara mencapai tujuanmu? Semoga membuatmu lebih efektif dalam mencapai tujuan yah.
 

Apapun tujuanmu, ayo kejar suksesmu dengan pilihan karir terbaik di Kalibrr.id