Skip to main content
7 tips sukses dalam karir
Career Advice

7 Tips Terbaik untuk Mencapai Tujuan dengan Sukses

By Rahma Yulita Sari on October 31, 2019

Kesuksesan pastinya adalah mimpi bagi semua orang, bahkan nggak sedikit yang mencari tips sukses untuk meraihnya. Tetapi, nggak semua orang yang mendambakan hal ini kemudian mencari cara untuk meraih impiannya tersebut. Masih banyak yang justru hanya menjadikan sebuah kesuksesan sebagai angan-angan belaka. Hmm, kamu jangan jadi orang yang seperti itu, ya?

Ketika ada niat, disitu pasti ada jalan. Alih-alih berkhayal, apa salahnya membuat niat untuk benar-benar mencapai tujuan yang kamu inginkan dengan sukses? Selain bisa membuat diri kamu bangga, ini akan memberikan pengaruh positif di perjalanan karir kamu.

Tapi tunggu dulu, ternyata niat saja nggak cukup untuk membuatmu mencapai kesuksesan, loh. Beberapa hal berikut ini juga sama pentingnya dengan niat. Apa saja kira-kira tips sukses untuk hal ini, ya? Yuk simak tujuh tips sukses terbaik ini untuk bisa mencapai tujuan dengan sukses.

 

7 tips sukses dalam karir

1. Fokuskan diri pada komitmen, bukan motivasi

Berkomitmen itu penting, karena komitmen adalah pintu yang nantinya akan membuka jalan kamu untuk bisa meraih tujuan yang kamu idam-idamkan. Mulailah dengan mencari tahu dan mempelajari hal apa saja yang paling ingin kamu raih, hingga seberapa banyak pengorbanan yang siap kamu berikan untuk mencapai tujuan itu. Kalau kamu sudah mantap dengan komitmen itu, motivasi akan perlahan mengikuti dari belakang.

 

2. Cari banyak pengetahuan atau referensi lain

Mencari pengetahuan sama halnya dengan mencoba menikmati proses. Katakanlah kamu tipe orang yang senang kerja dan bereksperimen, maka motivasi kamu akan secara otomatis terdorong untuk mencari pengetahuan yang menguatkan eksperimen tersebut. Namun sebaliknya, kalau kamu cuma memfokuskan diri pada hasil akhir, kamu akan cepat merasa bosan dan cenderung nggak menikmati prosesnya.

 

3. Cobalah untuk bersantai

Sebagian orang mungkin berpikir saat sedang mengerjakan sesuatu, kita harus mengerjakannya dengan sangat serius. Ya, sebenarnya hal ini ada benarnya juga, supaya kita tetap fokus. Namun alangkah baiknya, kalau kamu coba untuk rileks supaya nggak merasa kalau kamu lagi membawa beban berat yang nantinya justru menghambat proses kerja.

7 tips sukses dalam karir

 

4. Stop Negative Thinking

Nah, tips sukses yang satu ini paling penting: jangan terbawa dengan pikiran-pikiran negatif! Kenapa? Karena disadari atau nggak, pikiran kamu akan memengaruhi perasaan dan perasaan menentukan bagaimana kamu memandang suatu pekerjaan. Dengan pikiran yang negatif, otomatis akan membuat kamu berpikir kalau pekerjaan yang kamu lakukan ini susah untuk dikerjakan. Kerja pun bakalan jadi susah beneran.

 

5. Jangan terlalu baik dengan diri sendiri

Yang satu ini mungkin paling sering disalahartikan oleh banyak orang. Ketika sedang mendapat kesulitan, orang cenderung menempatkan diri di posisi yang tertindas. No! Justru ini nggak bagus. Ketika kamu ada di posisi seperti ini, alangkah baiknya anggap ini sebagai tantangan yang bisa membantu kamu dan karir kamu berkembang menjadi lebih baik lagi nantinya.

 

6. Jauhi hal-hal yang nggak penting

Bagi orang yang susah untuk fokus, tampaknya gangguan-gangguan kecil justru memiliki peranan yang besar saat sedang kerja. Gangguan pasti ada, namun jangan sampai membuat hal ini memecah fokus kamu dalam menyelesaikan pekerjaan. Cara efektifnya, coba tulis apa saja yang perlu kamu selesaikan terlebih dahulu, sebelum melakukan hal lain.

7 tips sukses dalam karir

 

7. Jangan mengandalkan orang lain

Ini penting, kamu harus ingat untuk nggak mengharapkan orang lain mengerjakan pekerjaan kamu. Setiap orang pasti punya kesibukan masing-masing, cobalah untuk menempatkan diri dan jangan sampai pekerjaan kamu justru menganggu mereka juga. Karena dibandingkan orang lain, pastinya kamu adalah orang yang paling tahu bagaimana cara untuk mencapai tujuan kamu sendiri.

 

Ternyata nggak susah kan untuk meraih kesuksesan? Satu lagi, jangan cepat menyerah! Nggak ada kerja yang susah, semuanya tergantung gimana kita menjalaninya. Semoga tips sukses ini bisa membantu kamu untuk semangat terus, ya!