Skip to main content
tanda mental kuat
Career Advice

5 Tanda Ini Menunjukkan Kamu Punya Mental Kuat, Apa Aja Yah?

By Dimas Setyawan on July 11, 2019

Bertubi-tubi masalah hadir ke hadapanmu, baik soal pekerjaan, atau urusan pribadi. Pasti dalam kondisi ini, membuat kepalamu menjadi lebih penat dan rasanya mau pecah. Tenang saja, stress itu nggak selalu jadi hal yang negative, kok. Bahkan itu bisa melatih mental kamu supaya lebih kuat dalam menghadapi tantangan.
Ngomongin soal mental yang kuat, dunia kerja memang menuntut kita untuk memiliki hal yang satu ini. Selain membuat kita lebih tahan banting, orang yang bermental kuat juga sering banget dipercaya untuk tugas-tugas yang penting. Terus, tanda apa saja yah yang menunjukkan kita memiliki mental yang kuat? 


Berikut ini 5 tanda kalau kamu punya mental yang kuat. Apa ada di kamu?

1.    Kecerdasan Emosi yang Tinggi
Selain IQ atau kecerdasan intelektual, kecerdasaan emosional (EQ) juga menjadi hal yang semakin diperhitungkan oleh rekruter saat ini. Hal itu karena kecerdasan emosional dinilai sebagai acuan dasar kekuatan mental seseorang. Semakin tinggi nilai EQ kamu, semakin siap pula kamu menerima tantangan yang lebih besar. 

tanda mental kuat

Kamu bisa mendapatkan kecerdasan emosional yang lebih baik dengan berusaha. Yes, karena kecerdasan emosional itu bersifat fleksibel dan bisa ditingkatkan dari pengalaman dan usaha. Makanya nggak heran kalau 90% orang sukses itu punya kecerdasan emosional yang tinggi.

2.    Orangnya Pede Banget
Rasa percaya diri emang nggak bisa diragukan lagi kekuatannya. Orang dengan percaya diri tinggi itu memang dikenal punya aura positif yang nggak ada lawan. Makanya nggak heran juga kalau orang yang super pede itu punya teman yang banyak.

Percaya atau nggak, orang yang percaya diri juga ternyata memiliki mental yang kuat. Hal itu karena mereka cenderung “bodo amat” dengan hal negative yang terjadi di sekitar mereka. Makanya nggak heran juga kalau orang pede itu punya mental yang bagus dan bisa bekerja lebih fokus.
 
3.    Berani Bilang “Nggak”
Sebagai seorang profesional, skala prioritas tentu udah jadi metode yang dianut dan dijalankan dalam dunia kerja. Namun terkadang, meskipun setiap pekerjaan sudah diatur sedemikian rupa, kita tetap saja sulit menolak sebuah permintaan. 

tanda mental kuat

Orang yang bermental kuat, cenderung berani menolak permintaan yang menurutnya mengganggu dan nggak penting-penting amat. Bukannya sombong, tapi orang bermental kuat itu tahu apa yang harus diprioritaskan. 

4.    Nggak Takut Ambil Risiko
Setiap langkah dan keputusan, apapun itu, termasuk dalam dunia kerja, pasti punya risiko. Baik besar atau kecil, risiko pasti nggak pernah bisa lepas dari sekitar kita. Namun, nggak semua orang bisa menghadapi ini, lho!

Orang dengan mental yang kuat pasti tahu risiko yang dia hadapi, tapi yang membedakan mereka dengan orang bermental kurang kuat adalah cara mereka menghadapinya. Yang paling mencolok? Orang bermental kuat itu tahu kalau mereka nggak ada beban untuk menyenangkan semua orang. Makanya mereka selalu lebih berani dalam mengambil keputusan.

5.    Nggak Gampang Ngambek
Kamu pasti sering banget ketemu orang yang diledekin sedikit udah baper, atau dimarahin dikit langsung dendam. Percaya atau nggak,  orang semacam ini biasanya kurang punya mental yang kuat. Hal itu karena mereka pasti lebih fokus dalam memperbaiki diri dan mencari solusi atas kritik yang mereka terima.

Yes, orang bermental kuat itu pasti nggak punya waktu untuk menanggapi nyinyiran, ejekan nggak jelas, dan lebih fokus pada apa yang mereka kejar. 

Nah itu tadi beberapa tanda orang yang bermental kuat. Apakah kamu salah satunya?