Skip to main content
meningkatkan disiplin diri
Career Advice

Ini Cara Terbaik Untuk Meningkatkan Disiplin Diri

By Dimas Setyawan on August 29, 2019

Kerja itu bukan cuma soal menguras tenagamu dari pagi hingga malam hari. Bukan pula hanya soal menguras pikiranmu hingga kamu lupa waktu. Lebih dari itu semua, ada satu hal perlu kamu maksimalkan untuk mengejar suksesmu. Yes, disiplin. Satu kata ini mungkin terdengar sederhana namun sulit untuk dilakukan. Kebanyakan dari kita memang cukup sulit untuk meningkatkan disiplin diri.

Baca Juga : 5 Cara Terbaik Untuk Tampil Elegan

Padahal, punya rasa disiplin diri yang tinggi cukup diperlukan dalam dunia kerja saat ini. Hampir semua bidang pekerjaan membutuhkan disiplin diri. Disiplin itu bukan hanya soal mengatur waktu, tapi juga bagaimana mengontrol dirimu untuk tetap fokus pada tujuan. Jadi, gimana yah caranya kita untuk meningkatkan disiplin diri? Berikut beberapa cara yang mungkin bisa kamu coba.

1. Kenali Kelemahanmu
Setiap hal di dunia ini pasti punya kelemahan. Enggak ada satu hal pun di dunia ini yang sempurna. Bahkan teknologi canggih sekelas NASA pun pasti punya kelemahan.Jadi, hal pertama yang kamu harus lakukan untuk meningkatkan disiplin diri ya jangan takut untuk mengakui kelemahanmu.

Dengan mengetahui kelemahan yang kamu punya, kamu jadi akan tahu titik apa aja yang perlu kamu perbaiki untuk meningkatkan disiplin diri. Setelah kamu mengenal kelemahanmu, kamu pun juga jadi tahu strategi apa yang pas untuk diterapkan.

2. Mulai dari Kebiasaan Sederhana
Enggak ada hal hebat yang hadir begitu saja, semua pasti butuh proses. Maka dari itu, bersabarlah dan jangan langsung ingin coba pada tahap yang sulit. Cobalah untuk melatih rasa disiplin kamu dari hal yang paling sederhana.

meningkatkan disiplin diri

Cobalah untuk mengubah dari kebiasaan sederhana seperti menyediakan waktu sekitar 10-15 menit untuk merapikan kamar, atau menyusun daftar kegiatan hari ini. Dengan begitu, kamu perlahan akan mulai terbiasa untuk membuat hidupmu lebih teratur.
 
3. Latih Terus Sampai Bisa
Kedisiplinan diri itu enggak hadir dari sejak kita lahir. Kedisiplinan itu ada karena dilatih. Jadi jika kamu mau punya rasa disiplin diri yang tinggi, jangan pernah menyerah untuk melatihnya terus.

Namanya juga proses, pasti juga ada pasang-surutnya. Ada kalanya kamu akan mulai bosan dan menyerah, namun kamu harus kembali menetapkan dirimu demi tujuan yang kamu mau, bukan?

4. Siapkan Backup Plan
Sama seperti proses lainnya, proses untuk meningkatkan disiplin diri juga punya potensi untuk gagal atau nggak sesuai dengan keinginan kita. Makanya, kita juga perlu punya rencana cadangan untuk membuat proses mendisiplinkan dirimu berjalan lancar.

Salah satu contohnya mungkin soal rencana cadangan ketika kamu ada keperluan mendadak yang bentrok dengan kegiatan rutin kamu. Ini bisa kamu akali dengan mengubah sedikit rutinitas, atau menyiapkan daftar kegiatan cadangan untuk hal yang bersifat darurat.

5. Hargai Usahamu
Menghargai usaha itu terbukti ampuh banget untuk membuatmu termotivasi. Iya dong, setelah semua hal yang kamu jalani, setiap langkah dan cobaan yang kamu hadapi, kamu perlu merayakan pencapaianmu.

Yes, bersenang-senang sedikit untuk peningkatan progressmu itu hal yang penting loh! Jadi, jangan perhitungan yah untuk menghargai usahamu.


Itu tadi beberapa cara untuk meningkatkan disiplin diri untuk dirimu. Semoga bermanfaat.

 

Apapun tujuanmu, temukan karir terbaik yang pas buatmu, hanya di Kalibrr.id