Skip to main content
cara mengontrol diri sendiri
Career Advice

5 Cara Untuk Mengontrol Dirimu Sendiri

By Dimas Setyawan on August 15, 2019



Dalam dunia kerja, ada banyak hal yang perlu kita miliki. Salah satunya cara untuk mengontrol diri kita sendiri. Ya, kerja itu bukan cuma urusan otak atau tangan saja, tapi juga soft skill yang menyangkut soal mental kamu sendiri. Bukannya ngarang, tapi ada banyak pekerja yang kadang belum bisa mengontrol emosinya sendiri dan justru membuat satu tim jadi berantakan. Waduh, parah sih itu.


Mengontrol diri sendiri itu memang penting untuk karir kamu. Dengan mengontrol diri sendiri, kamu bisa membuat dirimu lebih tenang dan lebih santai dalam menjalankan pekerjaanmu. Tentunya, dengan membuat dirimu menjadi lebih tenang, kamu juga bisa membuka pikiranmu untuk hal-hal baru, dan ide baru yang lebih fresh

Nah, terus, bagaimana yah cara untuk mengontrol diri kita sendiri? Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu coba.

Baca Juga: Deretan Manfaat yang Bisa Kamu Dapat Saat Mengaku Salah

1. Mengendalikan godaan
Halangan orang untuk mengontrol diri itu biasanya sih soal godaan. Nah, biar kamu lebih mudah untuk mengontrol dirimu, menjauhkan dirimu dari banyak godaan yang mengganggu memang cara yang lebih asik. Tapi, bagaimana kalau kamu susah untuk jauh dari itu?

cara mengontrol diri sendiri

Faktanya, ada banyak hal yang menyebalkan di sekitar kita dan itu cukup menggoda kita untuk lepas kontrol.  Jadi kita harus bagaimana dong? Sudah pasti terbiasa dengan itu dan berlatih untuk menanganinya bisa jadi solusi. Dengan terbiasa menangani sambil sebisa mungkin menjauhkan dari godaan, kamu jadi bisa lebih fokus untuk pengembangan dirimu sendiri.


2. Ukur setiap progresmu
Tahu nggak sih, di dunia ini, apapun yang bisa diukur itu pada dasarnya bisa dikendalikan dan diatur. Jadi, jika mengendalikan diri itu adalah goal yang ingin kamu capai, ada baiknya sih kamu pantau dan ukur juga setiap progress yang kamu capai.

Dengan memantau setiap progress yang kamu jalani, kamu bisa tahu apa yang akan kamu harus lakukan untuk mencapai kontrol diri yang maksimal. Jadi, kamu bisa melakukan setiap tahap dengan lebih efektif.

3. Motivasi dirimu senantiasa
Namanya juga proses, pasti ada naik dan turun, yang bikin kamu lebih merasa lelah dan menyerah. Hal ini wajar-wajar aja kok, tapi akan menjadi masalah besar kalau kamu begitu mudah menyerah. 

Jika ini yang kamu hadapi, ada baiknya sih kamu sering lakukan motivasi dirimu sendiri. Cara yang paling bisa kamu lakukan untuk memotivasi dirimu sendiri adalah mengingat kembali tujuan kamu mengontrol dirimu sendiri, dan manfaat apa aja yang bakalan kamu dapat dari mengontrol dirimu sendiri.

4. Belajar cara mengendalikan stress
Hal paling sulit untuk mengontrol dirimu adalah saat kita sedang stress. Saat kita sedang stress, terkadang kita suka lupa diri dan melakukan hal yang diluar kesadaran kita. Banyak banget kejadian yang terjadi soal ini. 

cara mengontrol diri sendiri

Jika kamu mau mengendalikan emosimu sendiri, maka kamu harus bisa mengendalikan rasa stress kamu. Kamu bisa belajar mengendalikan stress dengan berhenti sejenak, melipir dari keramaian, dan atur nafasmu dalam-dalam. Mengatur nafas dalam-dalam mampu menurunkan detak jantung kamu, dan mampu membuat kamu lebih rileks.

5. Memaafkan dirimu
Rasa emosi yang sering muncul itu, kadang sering muncul justru ketika kita marah pada diri kita sendiri. Marah karena kita gagal, marah karena 1-2 hal yang nggak sesuai dengan kemauan kita, atau marah karena nggak bisa menangani orang sekitar kita. Ada banyak hal yang bisa memicu hal ini.

Tenang aja lagi, kamu nggak segagal itu, kok. Maka dari itu, penting banget untuk memaafkan dirimu sendiri, supaya kamu bisa lebih ikhlas, lebih tenang, dan mampu mengendalikan emosimu sendiri.


Nah itu tadi beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengendalikan dirimu. Semoga bermanfaat, yah!

 

Apapun karir impianmu, temukan lowongan yang pas untukmu, dan kejar suksesmu bersama Kalibrr.id