Skip to main content
berdamai dengan orang yang membenci kita
Career Advice

5 Cara Berdamai Dengan Orang yang Enggak Suka Sama Kita

By Dimas Setyawan on July 18, 2019

Buat kamu yang sudah terjun ke dunia kerja, apalagi yang sudah bertahun-tahun bekerja di banyak tempat, pasti sering banget ketemu bermacam-macam tipe orang. Mulai dari yang baik, perhatian, tulus, sampai tipe-tipe orang yang licik dan datang kalau ada maunya aja.


Banyak tipe dan karakter orang, banyak pula persepsi mereka soal kita. Dan kalau sudah ngomongin ini, pastinya kita tahu deh kalau nggak semua orang suka sama kita. Pastinya bikin kita agak bete sih kalau ketemu orang yang nggak suka sama kita. Ruang gerak kita pun jadi terbatas karena kita merasa nggak nyaman dengan sikap mereka ke kita.

Wah, gimana dong yah mengatasi hal ini? Tenang aja, berikut ada 5 cara yang bisa kamu coba untuk berdamai dengan orang yang enggak suka sama kita.

1.    Mulai dari dirimu sendiri
Ibarat asap enggak akan muncul kalau enggak ada api. Jadi, sebelum kamu menyalahkan orang lain atas sikap temanmu itu, lebih baik interospeksi saja pada dirimu sendiri dahulu. Mungkin, bisa jadi permasalahan selama ini berasal dari sikapmu dan tingkah laku kamu ke temanmu. 

Namun, bukan berarti kamu terus merasa bersalah yah, jika benar kamu yang salah ya ada baiknya kamu meminta maaf. Tapi kalau itu bukan karena dirimu, ya sudah lupakan saja.

2.    Terima Perbedaan
Setiap pribadi pasti berbeda. Cara dia memandangmu pasti enggak sama dengan orang lainnya. Mungkin menurutmu baik-baik saja, tapi ada hal lain yang menurut dia kurang sesuai atau bahkan enggak layak. 

Jika hal ini yang terjadi, lebih baik terima saja perbedaan ini. Enggak usah sampai membenci, cukup tahu aja, udah, titik.

3.    Fokus Pada Mereka yang Positif
Kita semua pasti percaya kalau hidup itu harus penuh keseimbangan. Begitu pula soal kehidupan sosial kita. Enggak semua orang menyukai kita, dan enggak semua orang pula membenci kita. Jangan jadikan 1-2 orang yang membencimu membuatmu lemah dan hilang energi. 

tips berdamai dengan pembenci

Daripada tenggelam dalam perasaan itu, lebih baik kamu berfokus ssama orang yang memberimu energi positif, menerima kamu, dan mendukung kamu apa adanya. Tentunya bisa membuatmu lebih tenang, bukan?

4.    Enggak Usah Dipikirin
Sama seperti beberapa poin di atas, energi negatif dari orang yang membencimu itu enggak layak untuk kamu serap. Coba pikirkan lagi  deh, apa keuntungan yang bisa kamu dapat dari menerima energi negatif dari orang yang membencimu? Enggak ada, kan?

Jadi, daripada terlalu memakan energi kamu  di situ, lebih baik kamu tolak mentah-mentah untuk bersentuhan dengan orang tersebut, kecuali jika memang ada urusan pekerjaan, yah.

5.    Bersikap Pura-Pura Enggak Tahu
Ketika kita mengetahui ada orang yang enggak suka sama kita, kita pasti termakan isu tersebut dan jatuh tenggelam terlalu dalam sampai terkadang kita lupa tujuan pekerjaan kita. 

Untuk hal ini, kamu bisa mencoba membalikan kondisi dengan memberikan kesan natural, seolah enggak terjadi apa-apa. Dengan begitu, kamu bisa tetap menghadirkan energi positif untuk dirimu dan orang yang sekitarmu. Ibaratnya, jangan ganti mata dengan mata, jangan balas pukul dengan pukul. Balas aja dengan kasih saying, kan lebih adem, tuh!

Gimana, masih bingung cara mengatasi orang yang enggak suka sama kamu? Semoga bermanfaat, yah!

 

 

Cari lowongan yang pas untuk karirmu? Klik aja sekarang di Kalibrr.id