Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Soft Skills yang Dibutuhkan di Tempat Kerja
For Jobseeker

Soft Skills yang Dibutuhkan di Tempat Kerja

Karina

November 26 • 4 min read

Soft skill adalah atribut interpersonal yang kamu butuhkan untuk berhasil di tempat kerja. Soft skill adalah keterampilan penting yang harus dimiliki di mana pun karir kamu berada. Dengan memiliki soft skills yang kuat dan terasah dapat menjadikan kamu sebagai karyawan, kolega, manajer, atau bos yang lebih baik dan dapat dicontoh.

Di bawah ini adalah beberapa daftar soft skill paling penting yang dibutuhkan di tempat kerja:

 

Leadership

Keterampilan kepemimpinan memberi kamu kemampuan untuk memimpin orang lain dengan baik untuk mencapai tujuan. Kamu dapat menerapkan skill leadership pada diri kamu terlebih dahulu dengan cara disiplin untuk mengatur waktu kerja serta waktu istirahat. Keterampilan lain yang terkait dengan kepemimpinan adalah kemampuan untuk menyelesaikan masalah dan konflik serta kemampuan untuk membuat keputusan yang signifikan.

Skill leadership saat WFH dapat kamu terapkan dengan cara mendelegasikan tugas dengan baik kepada bawahan, membimbing mereka dan memastikan output atau hasil yang diinginkan sesuai.

 

Komunikasi

Keterampilan komunikasi  adalah softskills yang sangat penting hampir di setiap pekerjaan. Di tempat kerja, kamu pasti perlu berkomunikasi dengan orang-orang seperti klien, atasan, kolega, atau vendor – vendor yang diajak bekerja sama. Kamu harus dapat berkomunikasi dengan jelas dan sopan dengan orang-orang baik secara langsung, melalui telepon, atau tertulis.

Saat WFH pastikan koneksi internet kamu lancar sehingga kamu dapat berkomunikasi dengan baik dan dapat memahami apa yang sedang dibahas atau dibicarakan.

 

Kolaborasi

Saat bekerja kamu tidak hanya akan bekerja sendirian tapi juga akan dilibatkan dan  melakukan banyak proyek tim sehingga kamu harus dapat berkolaborasi dan bekerja secara efektif dengan rekan kerja.

Beberapa keterampilan yang terkait dengan  kolaborasi adalah kemampuan untuk bernegosiasi dengan orang lain, kemampuan untuk mengenali dan menghargai keragaman dalam tim dan kemampuan memecahkan masalah bersama – sama.

Berkolaborasi juga tidak hanya dapat dilakukan di kantor, di saat WFH seperti ini kamu dapat menunjukkan skill kolaborasi dengan menujukkan rasa empati serta kasih sayang kamu sehingga kehadiran kamu secara virtual juga dapat menciptakan suasana kerja yang ceria dan bermakna.

 

Time management

Memiliki soft skill ini akan menunjukkan kepada perusahaan bahwa kamu memiliki kemampuan untuk produktif dalam setiap waktu yang kamu miliki. Mampu mengetahui kapan waktu harus bekerja, mengatur jam kerja dan juga jam istirahat dapat membuat kamu lebih fokus dalam bekerja.

Untuk membantu memiliki time management yang baik kamu dapat membuat sebuah jadwal/planner di Google Calendar sehingga kamu dapat melacak apa saja hal – hal yang perlu kamu lakukan dan deadline yang perlu diselesaikan.

 

Flexibility dan adaptability

Menjadi mudah beradaptasi dan fleksibel adalah soft skill yang penting. Perusahaan membutuhkan orang – orang yang terbuka dan menerima perubahan karena lingkungan kerka adalah lingkungan yang sibuk, dinamis dan di mana segala sesuatunya berubah dengan cepat.

 

lamar-sekarang

Artikel dilansir dari Thebalancecareers dan Indeed.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (1) Post Comment

RMsQBtPQ

Report

1

Reply