Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Tips – Tips Negosiasi Gaji Untuk Kandidat IT
For Jobseeker

Tips – Tips Negosiasi Gaji Untuk Kandidat IT

Karina

September 16 • 4 min read

tips-tips-negosiasi-gaji-untuk-kandidat-it

Saat menerima suatu pekerjaan, salah satu hal yang penting untuk dilakukan adalah negosiasi gaji. Tapi beberapa kandidat mungkin merasa kurang nyaman dan takut dalam melakukan hal ini. Negosiasi gaji adalah diskusi antara kamu dan rekruter atau perwakilan dari perusahaan untuk membantu kamu mendapatkan gaji yang lebih tinggi dari yang ditawarkan. Tidak masalah jika kamu adalah karyawan lama atau karyawan baru, jika kamu merasa gaji yang diberikan tidak cukup, kamu harus melakukan negosiasi untuk mendapatkan apa yang pantas kamu dapatkan.

Penting untuk dipahami bahwa menegosiasikan gaji adalah bagian normal dari proses kerja. Mendapatkan gaji yang layak juga adalah bagian dari kemajuan karir kamu. Tapi, sebelum melakukan negosiasi tentunya kamu juga harus paham kalo kamu harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang hal itu.

Apa Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Melakukan Negosiasi Gaji?

Sebelum kamu masuk ke negosiasi gaji, kamu harus secara mengetahui berapa banyak seseorang di posisi yang ditawarkan harus dibayar dan juga disesuaikan dengan pengalaman dan di lokasi tempatmu berada.

Nominal gaji akan sangat bervariasi bergantung dari industri, senioritas, dan geografi, dan juga kebijakan perusahaan. Berikut beberapa hal yang harus kamu lakukan sebelum bernegosiasi:

1. Lakukan Riset

Pertama, kamu perlu mencari tahu apa yang dilakukan orang-orang di posisi tersebut di area kamu bekerja dan sesuaikan dengan tingkat pengalamannya. Karena menjadi software engineer di kantor Google di Singapura misalnya, akan menghasilkan gaji rata-rata yang berbeda dari software engineer di kantor Google Indonesia. Pencarian sederhana dapat kamu lakukan dengan melihat website Glassdoor, yang akan memberitahumu informasi dasar untuk mengetahui berapa gaji rata-rata untuk jabatan/ posisi yang ditawarkan.

Tapi jika ingin lebih objektif lagi kamu dapat mempelajari laporan atau salary guide yang telah ditulis oleh perusahaan di bidang rekrutmen yang membantu kamu mengetahui tolak ukur gaji setiap posisi di Indonesia. Misalnya Persolkelly Salary Guide 2020-2021 yang diterbitkan oleh Kelly Indonesia.

*Berdasarkan Persolkelly Salary Guide 2020-2021

2. Ketahui Value

Setelah mencari informasi sebanyak mungkin terkait kisaran gaji di pekerjaan kamu, langkah selanjutnya adalah membandingkan kompensasi rata-rata dengan nilai pasar.

Kamu bisa menggunakan alat Know Your Worth dari Glassdoor, yang memberi dapat memberi perkiraan nilai pasar yang dipersonalisasi, berapa yang dibayar perusahaan lain di industri kamu, dan daftar pekerjaan yang tersedia.

Setelah kamu mengetahui kedua hal di atas, berikut tips – tips yang juga dapat kamu lakukan untuk memperlancar jalannya negosiasi gaji:

  • Sebutkan kisaran gaji yang kamu inginkan, jangan angka.
  • Tanyakan benefit apa saja yang akan didapatkan selain gaji pokok
  • Berlatihlah melakukan negosiasi gaji, minta bantuan orang terdekat untuk membantumu berdialog
  • Hindari menanyakan perihal gaji di awal pembahasaan, tunggu hingga rekruter atau pewawancara yang memulai hal tersebut
  • Bersikap ramah
  • Percaya diri

tips-tips-negosiasi-gaji-untuk-kandidat-it

Artikel dilansir dari Themuse dan Glassdoor.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!