Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Mau Magang di Perusahaan IT Impian Kamu? Isi Dulu CV Mu Dengan Hal Ini
For Jobseeker

Mau Magang di Perusahaan IT Impian Kamu? Isi Dulu CV Mu Dengan Hal Ini

Karina

September 08 • 4 min read

mau-magang-di-perusahaan-it-impian-kamu-isi-dulu-cv-mu-dengan-hal-ini

Kalau kamu seorang mahasiswa di jurusan IT atau lulusan baru di bidang IT, mungkin sebuah internship sangat kamu butuhkan. Dibutuhkannya pengalaman kerja nyata saat mencari pekerjaan nantinya adalah salah satu syarat bagi kebanyakan perusahaan. Tapi,  untuk berhasil magang di salah satu perusahaan IT apalagi perusahaan terkemuka seperti Google, Microsoft, Facebook dan lain sebagainya, juga membutuhkan usaha yang besar. Kamu harus mempersiapkan CV/resume mu sebaik dan semenarik mungkin agar dapat dilirik rekruter.

Maka dari itu, sebelum melamar alangkah baiknya jika kamu memiliki poin – poin berikut di CV:

Bangun Pondasi

Jika kamu masih kuliah, bangunlah pondasi dengan hal – hal bermanfaat yang berkaitan dengan IT. Dapat dimulai dengan misalnya,  mengambil kelas pemrograman, atau kelas IT lain yang memiliki prospek yang tinggi di masa depan. Perhatikan dan kuasai dasar-dasarnya serta jelajahi topik – topik menarik seputar konsep teknologi yang diajarkan di kelas. Cara ini dapat membuatmu mendapatkan pengetahuan yang luas dan menghasilkan ide-ide proyek masa depan.

Isi Pengalaman yang Tepat

Jika kamu telah menyelesaikan pendidikan atau lulusan baru di bidang IT, kamu dapat mempercantik CV kamu  dengan berpartisipasi dalam sebuah kompetisi berbasis IT seperti misalnya hackathon. Berpartisipasi dalam kompetisi ini sangat membantu dalam upaya melamar ke perusahaan impian.

Ikuti Project – Project IT Based

Kamu dapat membuat CV mu lebih baik lagi dengan mengikuti beberapa project (tertutup ataupun terbuka) seperti pembuatan beberapa aplikasi seluler, aplikasi web dan lain – lain. Isi CV dengan nama – nama project yang kamu ikuti tersebut, peranmu serta hasilnya. Dengan berkontribusi pada project – project seperti ini, juga dapat menunjukan bahwa kamu adalah pribadi yang mampu bekerja dalam tim, hal ini dapat menjadi poin plus yang dinilai rekruter.

Fokus Pada Penguasaan, Bukan Jumlah

Daripada membangun 5-6 proyek kecil, kamu dapat membangun beberapa proyek besar yang paling kamu kuasai dan banggakan. Tulis proyek tersebut di dalam CV dan beri sedikit rangkuman. Melakukan sebuah proyek penting dan mendapatkan pengalaman yang cukup dapat menunjukkan bahwa kamu telah membangun sesuatu yang berdampak.

Bangun Situs Web/Portofolio Khusus

Jika kamu sudah memiliki pengalaman sebelumnya dan memiliki beberapa hasil project yang memuaskan, tunjukkan hal tersebut dengan membuat situs khusus untuk project – project tersebut yang menampilkan portofliomu sehingga rekruter akan lebih yakin.

Setelah mengisi poin – poin penting di atas, kamu juga harus ingat untuk membuat CV yang efektif. Buat CV mu hanya dalam satu halaman (paling banyak dua halaman jika kamu benar – benar memiliki banyak proyek penting) karena rekruter hanya membutuhkan 10-15 detik untuk memindai CV kamu, jadi jika CV kamu terlalu panjang, hal itu menjadikan rekruter tidak dapat melihat “inti” dari CV tersebut.

mau-magang-di-perusahaan-it-impian-kamu-isi-dulu-cv-mu-dengan-hal-ini

Artikel dilansir dari Freecodecamp dan Geeksforgeeks.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!