Kalibrr

Advice

Professional career advice for professionals
Career Advice

Tips Sederhana Biar Kamu Nggak Jadi Kolega yang Egois

November 14, 2019

Bekerja di suatu tempat berarti akan bertemu dengan banyak rekan kerja. Mulai dari rekan kerja yang bawel, pendiam, banyak tingkah, sampai rekan kerja yang egois dan cuma mementingkan  dirinya sendiri! Duh, males banget nggak sih kalau bertemu orang yang kayak gini?

Tapi tunggu dulu, sebelum menilai orang lain, apakah kamu sendiri yakin kalau kamu orang yang jauh dari kata egois? Egois ini adalah posisi dimana seseorang selalu mementingkan kemauannya dan menempatkan prioritasnya di atas segalanya. Egois banyak macamnya, salah satunya adalah egois di tempat kerja.

Gimana ya caranya untuk menghindari sifat egois ini? Terlebih lagi, kalau di tempat kerja, kamu pasti akan selalu berhubungan dengan orang lain. Sifat egois ini tentunya bisa merugikan diri kamu sendiri, kan? Nah, Kalibrr punya tips karir supaya kamu nggak jadi kolega yang egois, nih. Yuk, kita simak tipsnya!

 

Penting buat kamu ingat kalau yang namanya bercanda itu adalah hal yang biasa. Ya, walaupun ada juga beberapa bercandaan yang nggak bisa dimaklumi, sih. Tapi, bakal lebih baik kalau kamu coba untuk mengurangi perasaan baper atau mudah tersinggung. Karena nggak mau, kan, nantinya malah muncul kesalahpahaman yang bikin suasana jadi nggak enak?

Ada beberapa orang yang hanya butuh didengarkan, bukan minta diberikan saran. Namun pastinya, nggak ada orang yang suka kalau pembicaraannya disanggah begitu saja. Kalau ada rekan kerja yang sedang berbicara denganmu, cobalah untuk menjadi pendengar yang baik sebelum kamu memberikan feedback. Itu akan lebih baik dibandingkan menyanggah obrolannya di tengah percakapan.

tips nggak egois

 

Jangan terpaku dengan apa yang sudah terjadi. Cobalah untuk mengikhlaskan masa lalu dan tanamkan pada diri sendiri bahwa sesuatu yang lebih hebat akan muncul! Kalau ada sesuatu di masa lalu yang membuatmu terpuruk, coba untuk bangkit dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Jangan biarkan hal ini membuat kamu merasa bahwa kamu adalah satu-satunya orang yang punya masalah dan berujung menjadi pribadi yang egois.

Dalam hubungan, baik dalam hubungan dalam pekerjaan, nggak semua hal itu harus diukur dan terfokus pada untung dan rugi. Misalnya, salah satu rekan kerja kamu meminta tolong kamu untuk melakukan sesuatu, kamu tidak harus selalu memikirkan untung ruginya saja, lho. Siapa tahu memang rekan kerjamu itu sedang membutuhkan bantuan. Hitung-hitung pahalanya aja, deh!

Dengan menempatkan kepentingan sendiri sebagai prioritas paling akhir, kamu sudah menjadi seseorang yang nggak egois. Eh, tapi tunggu dulu.. ini bukan berarti kamu harus selalu memikirkan orang lain sebelum diri kamu sendiri loh, ya. Maksudnya disini adalah, coba untuk tidak selalu hanya mementingkan kepentingan kamu dan mulai menunjukkan rasa empati ke orang lain.

tips nggak egois

 

Setelah membaca tips di atas, semoga tips ini bisa membantu kamu supaya menjadi kolega yang nggak egois. Yang lebih penting lagi, kamu harus ingat bahwa setiap orang memiliki toleransi yang berbeda-beda dan jangan samakan diri kamu dengan orang lain!

tips nggak egois

Career Advice

Tips Sederhana Biar Kamu Nggak Jadi Kolega yang Egois

November 14, 2019

Bekerja di suatu tempat berarti akan bertemu dengan banyak rekan kerja. Mulai dari rekan kerja yang bawel, pendiam, banyak tingkah, sampai rekan kerja yang egois dan cuma mementingkan  dirinya sendiri! Duh, males banget nggak sih kalau bertemu orang yang kayak gini?

Tapi tunggu dulu, sebelum menilai orang lain, apakah kamu sendiri yakin kalau kamu orang yang jauh dari kata egois? Egois ini adalah posisi dimana seseorang selalu mementingkan kemauannya dan menempatkan prioritasnya di atas segalanya. Egois banyak macamnya, salah satunya adalah egois di tempat kerja.

Gimana ya caranya untuk menghindari sifat egois ini? Terlebih lagi, kalau di tempat kerja, kamu pasti akan selalu berhubungan dengan orang lain. Sifat egois ini tentunya bisa merugikan diri kamu sendiri, kan? Nah, Kalibrr punya tips karir supaya kamu nggak jadi kolega yang egois, nih. Yuk, kita simak tipsnya!

 

Penting buat kamu ingat kalau yang namanya bercanda itu adalah hal yang biasa. Ya, walaupun ada juga beberapa bercandaan yang nggak bisa dimaklumi, sih. Tapi, bakal lebih baik kalau kamu coba untuk mengurangi perasaan baper atau mudah tersinggung. Karena nggak mau, kan, nantinya malah muncul kesalahpahaman yang bikin suasana jadi nggak enak?

Ada beberapa orang yang hanya butuh didengarkan, bukan minta diberikan saran. Namun pastinya, nggak ada orang yang suka kalau pembicaraannya disanggah begitu saja. Kalau ada rekan kerja yang sedang berbicara denganmu, cobalah untuk menjadi pendengar yang baik sebelum kamu memberikan feedback. Itu akan lebih baik dibandingkan menyanggah obrolannya di tengah percakapan.

tips nggak egois

 

Jangan terpaku dengan apa yang sudah terjadi. Cobalah untuk mengikhlaskan masa lalu dan tanamkan pada diri sendiri bahwa sesuatu yang lebih hebat akan muncul! Kalau ada sesuatu di masa lalu yang membuatmu terpuruk, coba untuk bangkit dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Jangan biarkan hal ini membuat kamu merasa bahwa kamu adalah satu-satunya orang yang punya masalah dan berujung menjadi pribadi yang egois.

Dalam hubungan, baik dalam hubungan dalam pekerjaan, nggak semua hal itu harus diukur dan terfokus pada untung dan rugi. Misalnya, salah satu rekan kerja kamu meminta tolong kamu untuk melakukan sesuatu, kamu tidak harus selalu memikirkan untung ruginya saja, lho. Siapa tahu memang rekan kerjamu itu sedang membutuhkan bantuan. Hitung-hitung pahalanya aja, deh!

Dengan menempatkan kepentingan sendiri sebagai prioritas paling akhir, kamu sudah menjadi seseorang yang nggak egois. Eh, tapi tunggu dulu.. ini bukan berarti kamu harus selalu memikirkan orang lain sebelum diri kamu sendiri loh, ya. Maksudnya disini adalah, coba untuk tidak selalu hanya mementingkan kepentingan kamu dan mulai menunjukkan rasa empati ke orang lain.

tips nggak egois

 

Setelah membaca tips di atas, semoga tips ini bisa membantu kamu supaya menjadi kolega yang nggak egois. Yang lebih penting lagi, kamu harus ingat bahwa setiap orang memiliki toleransi yang berbeda-beda dan jangan samakan diri kamu dengan orang lain!

tips nggak egois

Categories

Featured Posts

There are no featured posts.

Tags