Skip to main content
Sebanyak 135 orang peserta hadir di Seminar bertajuk “Career Starts Within You”
Indonesia - Company Insider

Siap Menghadapi Dunia Kerja Di Era Bonus Demografi

By Diah Wahyu Asih on October 3, 2019

 

Malang, 28 September 2019 --- Indonesia Youth Opportunities in International Networking (IYOIN) menggelar seminar Iyoin National Seminar (INAR) 3.0 bertajuk “Career Starts Within You”. Diorganisir langsung oleh Kalibrr Youth Ambassador dan IYOIN LC Malang. Acara yang dilaksanakan di lantai 4 gedung Brawijaya Language Centre (BLC) dihadiri juga oleh 135 orang peserta bertujuan untuk memberikan persiapan bagi mahasiswa ketika menghadapi dunia kerja di era bonus demografi dan ketika menghadapi persaingan global.

Acara ini merupakan hasil kerja sama antara Kalibrr Youth Ambassador Malang Batch 1 dan IYOIN LC Malang. Kalibrr Youth Ambassador sendiri merupakan program magang untuk 24 mahasiswa dari seluruh Indonesia selama 3 bulan. Tugas para ambassador diantaranya adalah untuk memberikan dampak bagi sesama mahasiswa di kota mereka masing-masing untuk dapat mempersiapkan diri menghadapi kehidupan kerja di masa depan. 

Melansir data terbaru dari Badan Pusat Statistik atau BPS, jumlah pengangguran per awal 2019 memang mengalami penurunan. Tapi, dari sisi pendidikannya, lulusan diploma dan universitas makin banyak yang tidak bekerja. Beberapa sebab lulusan diploma dan S1 menganggur adalah keterampilan tidak sesuai kebutuhan, ekspektasi penghasilan dan status lebih tinggi, dan penyediaan lapangan kerja terbatas.  Oleh karena itu, Kalibrr Indonesia hadir untuk memberikan bimbingan persiapan karir, khususnya bagi mahasiswa agar siap ketika menghadapi dunia kerja di era bonus demografi dan ketika menghadapi persaingan global.

Bapak Prayogo Danardono selaku owner Lapis Tugu Malang memulai seminar dengan materi cara memulai dan menekuni karir
Bapak Prayogo Danardono selaku owner Lapis Tugu Malang memulai seminar dengan materi cara memulai dan menekuni karir

Seminar ini memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk mengetahui secara langsung orang-orang sudah lebih dahulu terjun ke dunia kerja. Pembicara pertama diisi oleh Bapak Prayogo Danardono selaku owner Lapis Tugu Malang yang memaparkan cara memulai serta menekuni karir di masa mendatang, dan nilai penting dari pengalaman-pengalaman berharga sebagai gambaran bagi mahasiswa-mahasiswa terhadap dunia kerja.

Pandangan mengenai karakter yang dibutuhkan di era bonus demogrfi oleh Andrew Nugraha Patty yang merupakan Marketing Associate Manager Kalibrr
Pandangan mengenai karakter yang dibutuhkan di era bonus demogrfi oleh Andrew Nugraha Patty yang merupakan Marketing Associate Manager Kalibrr 

Hadir langsung untuk memberikan materi yaitu Marketing Associate Manager Kalibrr yang merupakan lulusan University of Melbourne, Andrew Nugraha Patty. Andrew mengungkapkan, yang dicari perusahaan saat era bonus demografi seperti saat ini bukanlah lulusan yang hanya menguasai segi teknis, tapi juga harus mempunyai soft-skill yang mumpuni, seperti hal komunikasi. Pembicara kedua ini juga memberikan pandangan mengenai karakter seperti apa yang dibutuhkan oleh perusahaan saat ini, dan juga bagaimana cara mempertajam keahlian yang kita miliki.

Terlihat peserta fokus tertuju pada Wening Kiranasasi yang merupakan Human Resources Senior Associate Kalibrr yang sedang memaparkan materi.
Terlihat peserta fokus tertuju pada Wening Kiranasasi yang merupakan Human Resources Senior Associate Kalibrr yang sedang memaparkan materi.

Pembicara ketiga oleh Wening Kiranasasi yang merupakan Human Resources Senior Associate Kalibrr memaparkan workshop mengenai bagaimana menjadi jagoan dalam sebuah interview. Lebih lanjut, Wening memberikan gambaran proses seleksi dan tipe proses rekrutmen saat ini, strategi dalam wawancara dan tips and trik dalam menjalani sebuah interview.

Seminar yang dikemas secara santai dan menyenangkan membuat para peserta merasa tidak jenuh dengan adanya games serta proses tanya jawab yang dilakukan melalui aplikasi secara live. Tidak hanya itu, Kalibrr tak lupa memberi bingkisan bagi best audience yang bisa menjawab pertanyaan dengan point games tertinggi.

Dengan digelarnya seminar ini, diharapkan Kalibrr Indonesia sebagai salah satu platform rekrutmen digital dapat menjadi lebih dekat lagi dengan generasi emas Indonesia. Melalui program ini pula, Kalibrr berharap agar ada lebih banyak mahasiswa dan freshgraduates dari berbagai daerah di Indonesia yang dapat mengejar pekerjaan impian mereka dan sukses dalam berkarir.
 

Penulis : Tasya Annisa Sarah

Penyunting : Dimas Setiawan