Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Kalibrr x Kubernetes Indonesia: Solusi Microservice dari Kubernauts Indonesia
For Jobseeker

Kalibrr x Kubernetes Indonesia: Solusi Microservice dari Kubernauts Indonesia

Karina

October 04 • 3 min read

Jakarta, 3 Oktober 2019 – Kalibrr kembali menggelar acara bersama komunitas IT Indonesia. Nah kali ini Kalibrr berkolaborasi dengan Komunitas Kubernetes Indonesia untuk mengadakan acara gathering mereka yang ke-10. Sebagai informasi, Kubernetes adalah sebuah manajemen kontainer yang dikhususkan untuk website ataupun aplikasi yang memiliki banyak microservice. Yuk simak keseruan acara bareng Kubernauts!

Bertempat di WeWork Menara Astra, acara ini mengundang dua narasumber yang tentunya punya jam terbang tinggi sebagai Kubernauts. Yang pertama adalah Imre Nagi, Google Developer Expert dan yang kedua adalah Yusuf Hadiwinata Sutandar selaku VP of Operations & Services Biznet Gio Nusantara.

Giri Kuncoro menjelaskan updates dari komunitas Kubernetes

Materi pertama langsung dibawakan oleh Imre Nagi atau biasa dipanggil Mas Imre. Ia ngebahas mengenai Kubernetes dalam Statefulset Container dimana pembahasan sesi ini menitikberatkan perbedaan dan keuntungan menggunakan kontrol statefulset dibandingkan dengan statefulness. Selain itu, ia juga langsung mempraktekan materinya langsung untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam.

Materi berikutnya dibawakan oleh Yusuf Hadiwinata Sutandar atau sering dipanggil Om Yusuf yang membahas mengenai “Service Mesh Observability with Kiali”. Kiali sendiri merupakan alat untuk memvisualisasikan traffic dari Istio yang digunakan dalam Kubernetes atau OpenShift. Ia juga menuturkan mengapa harus menggunakan Kiali khususnya untuk perusahaan besar yang memiliki banyak microservice.

Imre Nagi sebagai Google Developer Expert (kiri) dan Yusuf Hadiwinata Sutandar selaku VP of Operations & Services Biznet Gio Nusantara (kanan).

Antusias teman-teman yang hadir juga terlihat dalam acara ini. Selain partisipasi dalam setiap sesi, canda tawa juga tercermin saat bertemu satu dengan yang lainnya.

“Seru kalau acaranya seperti ini. Selain kenyang perut, kita juga kenyang pengetahuan dari narasumber yang insightful banget.” ujar Joshia salah satu peserta yang memenangkan permainan kahoot.

Senada dengan pendapat peserta, tim Kubernetes juga mengungkapkan rasa terima kasihnya atas terselenggaranya acara yang sukses ini. “Terima kasih banyak Kalibrr sudah  berkolaborasi dengan Kubernetes. Acaranya seru dan oke” ujar Giri selaku organizer dari Kubernetes.

Terselenggaranya acara ini merupakan bentuk komitmen nyata Kalibrr untuk meningkatkan ekosistem komunitas di Indonesia. Jadi kalau komunitas atau organisasi kamu ingin berkolaborasi dengan Kalibrr, yuk hubungi lewat Instagram Kalibrr Indonesia. Terakhir, kalau kalian penasaran tentang meetup Kubernetes sebelumnya, bisa cek disini.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!