Skip to main content
kalibrr x gojek
All About Kalibrr

Brrtamu ke Go-Jek: Mencari Solusi untuk Memberi Dampak Positif dari Masyarakat Indonesia untuk Indonesia

By Tanisha Harahap on September 2, 2019

 

Untuk mengisi waktu luang semasa liburan, teman-teman dari PPI seluruh dunia (Tiongkok, Hong Kong, Jerman, Italia, Amerika Serikat) ikut serta dalam acara company visit yang diadakan oleh Kalibrr dan Gojek: Brrtamu ke Gojek pada tanggal 14 Agustus 2019. Dalam sesi company visit kali ini, teman-teman dari PPI diajak office tour untuk melihat-lihat suasana kantor di Gojek, diikuti dengan sharing session dan question and answer session oleh beberapa karyawan Gojek, dan diakhiri dengan photo and networking session dengan sesama peserta yang mengikuti acara tersebut.

Selama office tour, 70 peserta acara tersebut dibawa untuk melihat-lihat spot bekerja dan juga rekreasi untuk karyawan Gojek. Office tour dimulai dari meeting point di lobby Gojek di lantai 6, teman-teman PPI dibawa berkeliling untuk melihat-lihat suasana di  GO-PLAY, GO-CAFE, GO-YOGA, GO-CHILL, GO-GYM, GO-LIBRARY, Sleeping Room, dan GO-LEARN.

Seusai office tour, para peserta dibawa ke dalam auditorium Gojek untuk mendengarkan company presentation yang dibawakan oleh Pradana Pradipta selaku HR System Analyst  dari Gojek. Teman-teman pun mendapatkan wawasan baru seputar identitas Gojek sebagai salah satu perusahaan unicorns di Asia Tenggara. 

sharing sesh
Sesi company information sharing bersama Pradana Pradipta, HR System Analyst Gojek

Sharing session dengan tim Gojek

Pembicara pertama pada sesi ini adalah Runny Rudianti, selaku Gopay Public Affairs. Di sesi pertama ini, Runny bercerita mengenai pengalaman karirnya dimulai dari lulus kuliah, hingga saat ini bersama Gojek. Menurut Runny, background atau mata kuliah tidak menjanjikan job title and position di masa depan. Ambil saja contohnya dari Runny, ia lulus dari Universitas Indonesia dengan gelar di Sastra Cina dan melanjutkan S2 di Inggris dengan jurusan International Business. 

Runny memulai karirnya sebagai produser lapangan di CNN, tidak lama setelah bekerja sama di CNN, ia pun pindah ke Mapan, sebuah perusahaan start-up yang didirikan untuk mendukung masyarakat menengah kebawah untuk mulai membuka rekening dan menabung, dan setelah itu bergabung bersama Gojek. Setelah ia memulai karirnya di Gojek, akhirnya Runny mengerti bahwa moto yang mendorongnya untuk bekerja adalah “impact and people”. Bekerja di Gojek memberikan ia akses langsung untuk dapat memberikan suatu dampak positif langsung kepada masyarakat. “By Indonesians, to Indonesians and even to global public,” begitulah kata Runny saat ia menjelaskan alasan kenapa dia telah memilih untuk bekerja di Gojek.

runny rudianti
Sharing session dengan Runny Rudianti, Public Affairs Gopay

Pembicara kedua pada acara ini adalah, Ragnadya Fadaya Putri (Raya), selaku People Experience Specialist Gojek. Sebelum memulai karirnya di Gojek, Raya pernah bekerja di dua perusahaan consulting yang berbeda. Kini, Raya telah bekerja selama 4 tahun bersama Gojek. Sama seperti Runny, Raya juga ingin memberikan dampak positif pada masyarakat khususnya di Indonesia. Awalnya, ia tertarik untuk bekerja bersama Gojek karena ia pernah merasakan suatu pengalaman yang membuatnya merasa baper. Tak sengaja, saat ia sedang berjalan-jalan di mall, Raya mendengarkan percakapan antara mas-mas Gojek. Di percakapan tersebut, mas Gojek berkata, “kalau bukan gara-gara jadi driver Gojek, saya nggak akan pernah nih masuk mall.” Terkesima dengan perbincangan tersebut, Raya pun mencari cara agar dia dapat menyalurkan dampak tersebut khususnya bagi masyarakat menengah kebawah, dan salah satu caranya adalah dengan bekerja di perusahaan Gojek.

 

raya
Sharing session bersama Ragnadya Fadaya Putri (Raya), People Experience Specialist Gojek

Pengalaman Berkunjung ke Kantor Gojek

Acara ini ditutup dengan sesi networking bagi para peserta dan tim Gojek. Beberapa peserta masih terlihat antusias untuk bertanya-tanya mengenai karir atau insights agar dapat bergabung di Gojek dengan para tim dari Gojek. Para peserta juga terlihat senang dan puas seusai berkeliling dan mencari tahu informasi lebih mengenai Gojek

networking sesh
Networking session antara para peserta dan tim dari Gojek sebelum acara ditutup. Peserta terlihat sangat antusias untuk mencari tahu informasi lebih lengkap mengenai work experiences di Gojek

“Sangat diluar ekspektasi sih acaranya! Tadinya saya cuma iseng saja mendaftarkan diri menjadi salah satu peserta karena penasaran ingin melihat-lihat suasana di kantor Gojek. Ngga nyangka ternyata selain bisa melihat kantornya, banyak juga informasi yang bisa saya serap dari sesi ini,” ujar Sarah, mahasiswa dari PPI Tiongkok. 

Senang sekali Kalibrr dapat hadir di acara Brrtamu ke Gojek dan bersosialisasi dengan para peserta dari berbagai PPI dan juga tim dari Gojek. Semoga acara ini memberikan kesan dan pesan yang positif bagi para peserta dan perusahaan ya! Kami berharap Kalibrr dapat bekerja sama dengan kalian lagi di lain waktu!