Kalibrr

Advice

Professional career advice for professionals
Career Advice

5 Tips yang Bisa Bikin Kerjaan Kamu Terasa Tanpa Beban

August 29, 2019

Yah, namanya juga hidup, kadang rasa terbeban suka hadir untuk mampir sejenak dan menemani. Aduh, itu yang namanya cicilan, tanggungan, sampai berbagai macam tagihan lainnya, pasti udah kayak sahabat sejati yang ngikutin terus ke manapun kita pergi. Belum lagi target pekerjaan yang harus selesai dalam waktu sesingkat-singkatnya, kayak pidato Bung Karno. Karena itu semua, pernah nggak sih kamu sesekali merasa ingin hidup dengan pekerjaan yang tanpa beban?

Kamu pasti berpikir kalau merasa hidup tanpa beban pekerjaan itu rasanya hampir mustahil. Tapi jangan sedih dulu, kamu bisa kok punya pekerjaan yang tanpa beban. Berikut ini beberapa tips yang bisa  kamu coba biar pekerjaan kamu terasa tanpa beban.

1. Bersyukur masih dikasih kerja
Coba hitung lagi, ada berapa populasi usia kerja di dunia ini. Atau setidaknya di kawasan tempat tinggalmu deh. Lalu sortir kembali, ada berapa persen jumlah orang yang punya pekerjaan? Atau kemudian sortir kembali, ada berapa persen orang yang punya pekerjaan yang layak sepertimu?

Seburuk apapun pekerjaanmu, percayalah selalu ada orang yang menginginkan posisi kamu saat ini. Jadi, jangan lupa bersyukur karena pekerjaan yang kamu miliki saat ini. Dengan begitu, kamu pasti akan merasa pekerjaanmu terasa menyenangkan dan tanpa beban untuk dijalani.

2. Awali dengan doa
Percaya atau nggak, doa itu membuat segala hal menjadi jauh lebih mudah. Apapun kepercayaan yang kamu anut, percayalah bahwa ada kekuatan yang jauh lebih besar dari dirimu yang siap melindungimu dari apapun yang terjadi.

Mengawali hari dan pekerjaanmu dengan doa akan membuat harimu jauh lebih mudah dan terasa ringan tanpa beban. 

3. Jadikan ajang berkarya
Kebanyakan dari kita terkadang memandang sebuah pekerjaan sebagai tanggung jawab yang membosankan dan harus dilakukan. Nggak jarang itu membuat kita merasa seperti mesin. Nah, bagaimana kalau kita ubah sudut pandangnya?

tips pekerjaan tanpa beban

Iya, bagaimana kalau ternyata pekerjaan yang kamu jalani saat ini adalah ajang buat kamu unjuk diri dan membuat karya? Namanya juga karyawan, ya harus berkarya. Jadi, coba deh untuk melakukan pekerjaanmu sehari-hari bukan demi menyenangkan atasan atau perusahaan, tapi lebih untuk menunjukkan siapa dirimu.

4. Kerjakan dari hal sulit dulu
Seperti artikel yang pernah kita tulis, mengerjakan pekerjaan yang sulit itu punya banyak manfaat. Dengan mengerjakan pekerjaan yang sulit dahulu, kamu akan punya tenaga yang lebih saat mengerjakan sisa pekerjaan yang lebih mudah. Kamu pun jadinya enggak ngerasa terbeban deh sama pekerjaan. 

Baca Juga : Alasan Kenapa Kita Harus Mengerjakan Pekerjaan dari yang Paling Sulit

Beda rasanya kalau kamu mengerjakan yang mudah dulu. Kamu mengerahkan semua tenaga untuk hal mudah, lalu tenagamu habis saat mengerjakan yang sulit, dan akhirnya kamu merasa terbeban.

5.Ingat tujuan karir kamu
Cara lainnya biar kamu nggak ngerasa terbeban sama pekerjaanmu adalah dengan mengingat tujuan karir kamu. Mengingat tujuan karir kamu, akan membuat kamu semakin termotivasi untuk mengejarnya.

Dengan begitu, kamu akan lebih merasa itu sebagai tantangan dan kesempatan, ketimbang jadi beban untuk hidupmu. 


Tuh, ada banyak kan cara untuk membuat pekerjaanmu menjadi terasa tanpa beban. Semoga tips ini bermanfaat yah.
 

Written by Dimas Setyawan
Career Advice

5 Tips yang Bisa Bikin Kerjaan Kamu Terasa Tanpa Beban

August 29, 2019

Yah, namanya juga hidup, kadang rasa terbeban suka hadir untuk mampir sejenak dan menemani. Aduh, itu yang namanya cicilan, tanggungan, sampai berbagai macam tagihan lainnya, pasti udah kayak sahabat sejati yang ngikutin terus ke manapun kita pergi. Belum lagi target pekerjaan yang harus selesai dalam waktu sesingkat-singkatnya, kayak pidato Bung Karno. Karena itu semua, pernah nggak sih kamu sesekali merasa ingin hidup dengan pekerjaan yang tanpa beban?

Kamu pasti berpikir kalau merasa hidup tanpa beban pekerjaan itu rasanya hampir mustahil. Tapi jangan sedih dulu, kamu bisa kok punya pekerjaan yang tanpa beban. Berikut ini beberapa tips yang bisa  kamu coba biar pekerjaan kamu terasa tanpa beban.

1. Bersyukur masih dikasih kerja
Coba hitung lagi, ada berapa populasi usia kerja di dunia ini. Atau setidaknya di kawasan tempat tinggalmu deh. Lalu sortir kembali, ada berapa persen jumlah orang yang punya pekerjaan? Atau kemudian sortir kembali, ada berapa persen orang yang punya pekerjaan yang layak sepertimu?

Seburuk apapun pekerjaanmu, percayalah selalu ada orang yang menginginkan posisi kamu saat ini. Jadi, jangan lupa bersyukur karena pekerjaan yang kamu miliki saat ini. Dengan begitu, kamu pasti akan merasa pekerjaanmu terasa menyenangkan dan tanpa beban untuk dijalani.

2. Awali dengan doa
Percaya atau nggak, doa itu membuat segala hal menjadi jauh lebih mudah. Apapun kepercayaan yang kamu anut, percayalah bahwa ada kekuatan yang jauh lebih besar dari dirimu yang siap melindungimu dari apapun yang terjadi.

Mengawali hari dan pekerjaanmu dengan doa akan membuat harimu jauh lebih mudah dan terasa ringan tanpa beban. 

3. Jadikan ajang berkarya
Kebanyakan dari kita terkadang memandang sebuah pekerjaan sebagai tanggung jawab yang membosankan dan harus dilakukan. Nggak jarang itu membuat kita merasa seperti mesin. Nah, bagaimana kalau kita ubah sudut pandangnya?

tips pekerjaan tanpa beban

Iya, bagaimana kalau ternyata pekerjaan yang kamu jalani saat ini adalah ajang buat kamu unjuk diri dan membuat karya? Namanya juga karyawan, ya harus berkarya. Jadi, coba deh untuk melakukan pekerjaanmu sehari-hari bukan demi menyenangkan atasan atau perusahaan, tapi lebih untuk menunjukkan siapa dirimu.

4. Kerjakan dari hal sulit dulu
Seperti artikel yang pernah kita tulis, mengerjakan pekerjaan yang sulit itu punya banyak manfaat. Dengan mengerjakan pekerjaan yang sulit dahulu, kamu akan punya tenaga yang lebih saat mengerjakan sisa pekerjaan yang lebih mudah. Kamu pun jadinya enggak ngerasa terbeban deh sama pekerjaan. 

Baca Juga : Alasan Kenapa Kita Harus Mengerjakan Pekerjaan dari yang Paling Sulit

Beda rasanya kalau kamu mengerjakan yang mudah dulu. Kamu mengerahkan semua tenaga untuk hal mudah, lalu tenagamu habis saat mengerjakan yang sulit, dan akhirnya kamu merasa terbeban.

5.Ingat tujuan karir kamu
Cara lainnya biar kamu nggak ngerasa terbeban sama pekerjaanmu adalah dengan mengingat tujuan karir kamu. Mengingat tujuan karir kamu, akan membuat kamu semakin termotivasi untuk mengejarnya.

Dengan begitu, kamu akan lebih merasa itu sebagai tantangan dan kesempatan, ketimbang jadi beban untuk hidupmu. 


Tuh, ada banyak kan cara untuk membuat pekerjaanmu menjadi terasa tanpa beban. Semoga tips ini bermanfaat yah.
 

Written by Dimas Setyawan

Categories

Tags