Skip to main content
Kalibrr x PBKM FEB UI: Improve Your Skill until Your Limit
Job Interview Tips

Kalibrr x PBKM FEB UI: Improve Your Skill until Your Limit

By Diah Wahyu Asih on May 3, 2019

Sabtu, 13 April 2019, salah satu partner edukasi Kalibrr, Pusat Bimbingan Karir dan Magang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (PBKM FEB UI), mengadakan acara bimbingan karir dengan tema “Improve Your Skill until Your Limit”.

Didorong oleh kebutuhan akan pengetahuan di bidang persiapan karir, acara ini menghadirkan dua pembicara dari Kalibrr. Pembicara pertama yaitu Ikhtiarina Putri selaku Client Success Associate yang membahas tentang pentingnya Public Speaking dalam wawancara kerja, dan pembicara kedua yaitu Iqbal Leswara selaku Business Operation Manager yang mengupas tuntas interview kerja.

Acara yang dimulai pukul 9 pagi di salah satu ruang kelas FEB UI ini dibuka dengan perkenalan dari Kalibrr yang dipaparkan oleh Yanto Hans, selaku Enterprise Partner Associate Manager. Dia menjelaskan tentang tren dunia recruitment saat ini dan memberikan insight dari sisi recruiter dalam suatu perusahaan.

Yanto Hans menjelaskan tren rekrutmen di Indonesia saat ini
Yanto Hans menjelaskan tren rekrutmen di Indonesia saat ini

Kenapa Public Speaking itu Penting?

Pembicara pertama menjelaskan tentang Public Speaking dan dampaknya terhadap kemampuan kita dalam berbagai bidang. Dimulai dengan penjelasan tentang Public Speaking secara general, Putri kemudian mengupas lebih dalam tentang tips-tips yang perlu kita aplikasikan supaya dapat berbicara di depan umum dengan lancar.

Public Speaking juga memberikan kontribusi yang penting bagi para pencari kerja, karena di dalam dunia kerja dibutuhkan komunikasi yang jelas dan lancar, dan melalui komunikasi kita dapat menunjukkan nilai-nilai yang kita miliki. Kemampuan dalam Public Speaking juga memberikan kontribusi besar dalam perkembangan karir kita. Oleh karenanya, kita perlu mengembangkan kemampuan ini dengan banyak belajar dan praktik secara berkala.
 

Ikhtiarina Putri memaparkan tentang public speaking kepada para peserta
Ikhtiarina Putri memaparkan tentang public speaking kepada para peserta

Tips Lolos Interview

Selanjutnya, pembicara kedua lebih banyak menjelaskan soal teknis interview kerja. Dibawakan oleh Business Operation Manager yang memang sehari-hari berurusan dengan recruitment, antusias peserta pun cukup tinggi dilihat dari banyaknya peserta yang bertanya mengenai interview kerja. 

Diawali dengan penjelasan mengenai alur recruitment suatu perusahaan, Iqbal menjabarkan setiap tahapan proses recruitment di beberapa perusahaan yang paling umum untuk lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Pembahasan kemudian fokus ke dalam materi interview, dimana proses ini adalah tahapan yang pasti ada dalam serangkaian proses recruitment perusahaan. 

Iqbal kemudian membagikan beberapa tips dan trik dalam wawancara kerja, salah satunya adalah riset. “Perusahaan akan lebih mengapresiasi kalau kandidat sudah tahu banyak tentang perusahaan yang dilamarnya, dan melalui riset kalian punya bahan untuk mengajukan pertanyaan ke perusahaan. Jadi tidak datang dengan tangan kosong” jelas Iqbal.
 

Iqbal Leswara menerima penghargaan dari PBKM FEB UI
Iqbal Leswara menerima penghargaan dari PBKM FEB UI

Salah satu bahasan yang cukup menarik yaitu mengenai teknik STAR yang merupakan akronim dari Situation, Task, Action dan Result. Teknik ini dapat digunakan kandidat dalam menceritakan suatu masalah yang pernah dihadapi beserta solusi yang diambil.

Dalam memberikan gambaran yang lebih jelas, Yanto kemudian memberikan contoh kasus yang pernah dia alami. Yanto dan timnya kala itu mendapatkan tugas mendadak untuk membersihkan suatu lokasi untuk persiapan acara dengan waktu yang sangat singkat. Masalah yang muncul adalah dia tidak memiliki cukup orang untuk mengerjakan hal tersebut. Jumlah sumber daya yang dia miliki sangat tidak sepadan dengan waktu yang tersedia pada saat itu. Pada akhirnya, Yanto mempekerjakan beberapa tukang becak dan ojek yang sedang mangkal di daerah sekitar selama satu hari itu, sehingga pekerjaan dapat selesai tepat sebelum acara dimulai.

Teknik ini digunakan oleh perekrut dalam menilai bagaimana cara kandidat menyelesaikan masalah. Oleh karenanya, jobseekers sebaiknya tahu dan menggunakan teknik ini dalam proses interview kerja. Selengkapnya tentang teknik STAR bisa kamu baca disini.
 

Apa kata mereka?

“Kalo menurut saya benar-benar insightful sekali ya. kayak misalnya public speaking. Saya itu orangnya demam panggung, tapi tadi udah dijelasin sama kak Putri itu membantu sekali. Untuk kak Iqbal saya merasa benar-benar bisa mengoreksi mana yang benar dan mana yang harus ditambahkan kedepannya” ujar Shinta mahasiswa jurusan Manajemen UI. 

PBKM FEB UI selaku penyelenggara acara juga sangat bersyukur dan berterima kasih kepada tim Kalibrr karena dukungannya dalam memberikan pelatihan bimbingan karir bersama mereka. “Kalibrr semoga sukses terus, terus kasih seminar kayak gini soalnya ini sangat membantu sekali”

Selain membantu dalam hal edukasi persiapan kerja dan magang, Kalibrr juga membagikan peluang magang kepada mahasiswa tingkat akhir. Selengkapnya mengenai peluang magang bisa dicek disini.