Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Ini Dia Tips Ampuh Supaya Presentasi Kamu Berjalan Lancar
For Jobseeker

Ini Dia Tips Ampuh Supaya Presentasi Kamu Berjalan Lancar

Karina

February 15 • 5 min read

Dalam lingkup kegiatan kerja, namanya presentasi sudah pasti jadi kebutuhan penting yang mungkin kamu temukan setiap hari. Entah sebagai pendengar atau pembicara, kamu pasti bersentuhan dengan yang Namanya kegiatan presentasi. Apalagi buat kamu yang berhubungan langsung sama klien diluar kantor. Saat bertemu pihak ketiga seperti vendor, agency, atau klien lainnya, melakukan kegiatan presentasi sudah pasti terjadi.

Baca Juga: Jenuh Sama Pekerjaan, Apa yang Sebaiknya Dilakukan?

Masalah yang dihadapi adalah biasanya presentasi yang kita sampaikan terasa membosankan. Akibatnya, pesan dan ide yang ingin kita sampaikan menjadi kurang mengena tuh buat orang yang mendengarkan. Boro-boro diterapin, yang ada tengah-tengah presentasi udah ditinggal deh.

Terus, bagaimana yah supaya presentasi kamu bisa jadi keren dan bisa didengar banyak orang? Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba.

1.    Awali dengan Pembukaan yang Baik

Setiap kegiatan presentasi, pasti diawali dengan bagian pembukaan. Iya dong, masa kamu mau ujug-ujug ngomongin soal ide kamu? Yang ada orang nanti bingung.

tips-presentasi-3

Presentasi yang baik itu, dibuka dengan salam, sapaan yang ramah dan baik. Dan yang terpenting, jangan lupa senyum! Dalam public speaking, ada istilang smiling voice. Intinya kurang lebih membuat kamu berbicara dengan nada yang positif, ramah dan ceria. Hal itu biar yang dengerin kamu jadi ikutan semangat!

2.    Jangan Lupa Bikin Desain Slide yang Menarik

Presentasi itu berhubungan juga sama yang namanya visual. Ya, selain komunikasi verbal, komunikasi secara visual juga perlu banget. Maka dari itu, jangan lupa untuk menata setiap tampilan slide yang kamu ingin sampaikan.

tips-presentasi-2

Sekarang itu udah tahun 2019, udah enggak jaman deh pakai slide yang warnanya monoton. Coba deh ekspresikan dirimu dengan berbagai macam tampilan yang bisa kamu cari di Google. Yang terpenting, kemaslah tampilan visual kamu semenarik mungkin agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik.

3.    Kamu Manusia, Jangan Kaku!

Ini faktor yang cukup penting dalam melakukan presentasi. Apalagi kalau bukan bertindak seperti layaknya manusia. Ih, jadi manusia? Kita kan memang manusia, maksudnya apaan sih?

Gini loh, terkadang, kita suka gagap dalam berbicara karena grogi. Akhirnya, kita juga cenderung kaku seperti robot, bukan manusia. Nah, biar presentasi kamu lancar, dan dapat tanggapan yang positif, lemesin aja ngomongnya, shay! Dibawa santai saja biar apa yang kamu sampaikan jadi maksimal.

4.    Gugup? Apa itu?

Sebagai pembicara dalam presentasi, gugup itu enggak masuk dalam kamus hidup. Iya dong, kalau kamu gugup, bagaimana kamu bisa menyampaikan presentasi dengan benar dan jelas?

tips-presentasi-1

Ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menghilangkan rasa gugup. Mulai dari latihan pernapasan, hingga latihan senam mulut bisa jadi cara ampuh untuk menghilangkan gugup kamu sebelum presentasi.

5.    Pakai Bahasa yang Mudah Dimengerti

Poin yang satu ini bisa jadi poin yang penting banget nih dalam presentasi. Apalagi kalau bukan penggunaan bahasa. Dalam menyampaikan presentasi, tata bahasa yang benar dan mudah dimengerti adalah hal yang  sangat dibutuhkan.

Ya, ada baiknya sih kamu menggunakan kalimat-kalimat yang sederhana, dan mudah dimengerti oleh semua audience kamu. Dan jangan lupa juga untuk menjelaskan secara urut dan terperinci. Perhatikan juga lawan bicara kamu saat melakukan presentasi, seperti perkiraan usianya, atau karakter yang mungkin kamu temui. Jangan sampai kamu salah pembawaan dalam mengatur bahasamu. Bisa bahaya juga, tuh!

Nah, itu tadi beberapa tips ampuh untuk kamu yang ingin melakukan presentasi di kantor. Semoga bermanfaat yah!

Mau jadi apapun kamu, temukan lowongan yang pas untuk masa depanmu, bersama Kalibrr.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!