Skip to main content
tips kenalan di kantor baru
Career Advice

Pindah Kantor? Begini Tips Kenalan yang Enggak Bikin Kamu Awkward

By Dimas Setyawan on January 17, 2019

Yang Namanya pindah kantor, pastinya enggak pernah lepas dari rasa gugup. Apalagi jika kamu pindah kantor setelah bertahun-tahun bekerja di kantor yang lama, pasti rasa gugup dalam berkenalan hinggap banget di benak kamu.  Buat kamu yang extrovert, mungkin kamu masih bisa sedikit beradaptasi dengan lingkungan baru. Namun, bagi kamu yang introvert banget, kamu pasti kesulitan dalam berkenalan dengan orang baru. 

Baca Juga: Begini Cara Supaya Resolusi Kamu Tercapai di 2019


Jangankan memikirkan soal karir yang sukses, menyebutkan nama ke teman sebelah meja saja sudah gemetaran. Wah, kalau sudah begini, bisa-bisa malah mengganggu pekerjaan di kantor baru, nih. Pasti bisa merugikan kamu banget. Terus, bagaimana yah caranya? Tenang, supaya perkenalan kamu enggak awkward, simak beberapa tips kenalan di kantor baru yang enggak bikin kamu awkward.

tips kenalan di kantor baru

1.    Apapun yang Terjadi, Berikan Senyuman Terbaikmu
Banyak yang bilang kalau senyum itu bisa membuat suasana menjadi lebih baik. Memang bisa jadi betul juga, karena senyum itu mampu membangun mood yang positif. Tidak hanya untuk kamu, tapi juga untuk lawan bicara kamu.

Nah, hal ini bisa juga menjadi senjata ampuh buat kamu yang susah banget kenalan sama orang baru. Apapun yang terjadi di kantor baru kamu, jika kamu sulit dalam berkomunikasi, mulai saja dengan senyuman. Berikan senyuman terbaikmu, dan lihat apa yang terjadi. Biasanya, dengan senyuman, orang akan lebih mudah terbuka untuk bicara denganmu.

 

tips kenalan di kantor baru

2.    Andalkan Kontak Mata Langsung Saat Berbicara
Kontak mata adalah hal yang penting dalam berkomunikasi. Bahkan, dalam dunia bisnis, tatap muka dan tatap mata bisa menjadi hal yang menentukan dalam setiap keputusan. Begitu juga dengan hal berkenalan.

Saat berkenalan, kesan pertama itu sangatlah berperan penting. Untuk itu, pastikan kamu memberikan kesan pertama yang positif pula. Caranya, tataplah lawan bicaramu saat kamu berkenalan. Dengan menatap mata secara langsung, kamu turut memberikan kesan percaya diri pada lawan bicaramu. Rasa percaya diri itu penting banget di dunia kerja. Tidak hanya itu saja, dengan menatap mata secara langsung, kamu juga bisa dianggap memiliki ketegasan.

Baca Juga: "Ceritakan Tentang Dirimu!" Bagaimana Menjawabnya?
 
3.    Jadilah Pendengar yang Baik Untuk Teman Barumu 
Memang, setiap orang pasti punya cerita seru untuk diceritakan. Begitu pula dengan orang lain. Maka, selain antusias akan ceritamu sendiri, ada baiknya juga kamu menjadi pendengar yang baik untuk teman barumu.

Iya, fakta membuktikan bahwa orang yang sering menjadi pendengar yang baik, cenderung lebih mudah dipercaya oleh orang lain. Itu artinya kamu harus rajin menahan diri untuk memotong pembicaraan orang lain untuk kepentinganmu sendiri, dan berusahalah lebih giat untuk menjadi pendengar yang baik. Ingat, menjadi pendengar yang baik itu artinya mendengarkan untuk mengerti, bukan menimpali, yah!

tips kenalan di kantor baru
 
4.    Jangan Ragu Memulai Pembicaraan
Ya, kita sih tahu banget kalau hal ini sulit untuk kamu yang super interovert. Bahkan, mungkin bisa jadi hal ini akan menguras tenaga yang sangat banyak. Namun, bagaimanapun juga, hal ini harus tetap kamu lakukan untuk membantumu beradaptasi di tempat baru.

Terus, bagaimana jika ini enggak berjalan lancar? Tentu saja semua orang akan mikir ke sana. Dan jika hal ini berjalan tidak sesuai dengan harapanmu, ya simpel saja, jangan berharap apapun, apalagi berharap setinggi-tingginya. Biarkan saja perkenalanmu mengalir dan jika orang yang kamu sapa sangat dingin, lupakan dan beralih saja ke yang lain.


Nah itu tadi beberapa tips berkenalan di kantor baru yang mungkin sangat berguna buat kamu yang baru memulai karir, atau baru saja pindah ke kantor yang baru. Mau rekomendasi lowongan kerja terbaik? Klik aja di Kalibrr.id