Skip to main content
WMI x Kalibrr Indonesia
Indonesia - Company Insider

WMI x Kalibrr Indonesia: Your Great Career Starts Now!

By Diah Wahyu Asih on August 8, 2018

Dalam rangka merayakan World Merit Day 24 Juli lalu, World Merit Indonesia (WMI) mengadakan event seminar dan workshop yang berjudul “Make Your Great Career from Now” di Gowork Coworking Space, Plaza UOB 8th floor, Thamrin, Jakarta, pada Sabtu, 28 Juli 2018.

Acara ini mengusung poin ke delapan dari Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu Decent Work and Economic Growth, yang didorong oleh ketatnya persaingan kerja yang membuat seorang kandidat perlu mempersiapkan diri dengan pembekalan yang matang. Berawal dari kebutuhan tersebut, acara ini diselenggarakan melalui kerjasama dengan Kalibrr, sebuah platform pencarian kerja yang memiliki misi menghubungkan talenta dengan perusahaan-perusahaan terbaik di Indonesia.

Dihadiri oleh sekitar 50 partisipan, acara ini menghadirkan profesional di bidang human resources dan communication sebagai pembicara, yakni Charlene Yang, Regional Brand and Communication Manager - South East Asia Upgrade, dan M. Rizki Osfaldo, Head of Sourcing and Support Adira Finance.

Acara dimulai pukul 09.30 WIB oleh Charlene Yang, yang menjelaskan secara rinci Dos and Don’ts dalam pembuatan resume plus tips ampuh untuk membuat resume yang dapat meninggalkan kesan yang baik di mata rekruter. Tak lupa, ia juga memaparkan step by step cara membuat cover letter yang menarik dan efektif.

Charlene menganjurkan agar selalu menyesuaikan resume dengan pekerjaan yang dilamar. “Resume yang baik adalah resume di mana kamu bisa menunjukkan semua achievement kamu.” Ia mengungkap. “Kamu juga perlu mencocokkan resume dengan pekerjaan yang kamu lamar agar pengalamanmu dinilai relevan. Ingat, resume ini akan jadi representasi diri, jadi tunjukkan impresi sebaik mungkin.”

Kalibrr memberikan penghargaan kepada Charlene
Charlene Yang bersama representatif dari Kalibrr Indonesia

Seusai Charlene, acara dilanjutkan oleh M. Rizki Osfaldo, yang menjabarkan tips sukses wawancara kerja, seperti hal-hal yang boleh dan tidak boleh ditanyakan saat wawancara hingga dress code, gestur tubuh, dan sikap yang sebaiknya ditunjukkan di depan pewawancara. Dalam sesinya, pria yang sering disapa Aldo ini juga melakukan beberapa simulasi terkait wawancara kerja yang kemudian disambung dengan sesi tanya jawab.

Menjawab salah satu pertanyaan peserta yang bertanya tentang perlunya mencantumkan agama dan hobi dalam resume, Aldo mengatakan bahwa kedua hal itu tidak diperlukan karena bukan merupakan informasi yang biasanya ingin diketahui oleh perekrut. Ia pun menambahkan bahwa yang umumnya disertakan dalam resume yang baik adalah hal-hal yang berkenaan dengan pekerjaan seperti pengalaman kerja serta hal lainnya yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

Aldo dari Adira Finance menjawab pertanyaan salah satu peserta
Aldo dari Adira Finance membagikan pengetahuan seputar wawancara kerja

Kedua topik yang diperbincangkan mengundang antusiasme yang tinggi dari para partisipan, salah satunya adalah Zakia dari Universitas Bakrie, yang mengutarakan bahwa acara ini sangat bermanfaat baginya yang telah menginjak semester akhir. “Workshopnya insightful banget buat aku yang ada di semester awal-awal magang. Aku jadi bisa tahu cara bikin personal branding lewat resume yang kita buat dan application letter yang baik, plus tips yang berguna untuk interview kerja.”

Hal senada juga diungkapkan oleh Dicky, seorang mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung. “Terima kasih kepada World Merit Indonesia dan Kalibrr yang sudah mengadakan acara “Make Your Great Career from Now”. Acaranya keren banget; gue belajar banyak tentang tips dan trik sukses membuat resume dan menghadapi interview.” Ujarnya.

Suksesnya acara ini tidak terlepas dari kerja keras tim World Merit Indonesia dan Kalibrr yang telah menjalin kerjasama sejak bulan Juli 2018. Salah satu founder World Merit Indonesia, Agnes, mengucapkan rasa terima kasih atas terselenggaranya acara ini. “Untuk Kalibrr, thank you for the partnership, it’s such a big honor. Semoga manfaat yang kita dapat dari acara ini bisa kita implementasikan langsung dan benar-benar berguna di dunia kerja.” World Merit Indonesia pun berharap ke depannya kegiatan seperti ini akan terus berlangsung dan dapat mengajak anak muda sebagai changemaker lebih banyak terlibat untuk mendukung program SDGs.