Skip to main content
Career Advice

Stres Karena Pekerjaan? Atasi Dengan Langkah Berikut!

By Angitya Pangestika on June 6, 2018

Beban kerja yang terlalu berat dan deadline yang saling berkejar-kejaran dapat membuatmu stres dalam bekerja. Jika sudah stres, kamu pasti akan merasa malas dan pesimis dalam menjalankan tugasmu. Pikiran-pikiran negatif yang timbul akibat stres juga akan mengganggu aktivitas sehari-harimu.  Bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak tips-tips di bawah ini!

1. Buat prioritas dan atur jadwal

Stres terjadi karena kamu tidak memiliki waktu yang cukup untuk menyelesaikan semua pekerjaan. Atur ulang jadwalmu dengan baik dengan cara membuat skala prioritas pekerjaan.

Dengan skala prioritas, kamu bisa menentukan mana pekerjaan yang dapat kamu selesaikan sendiri dan mana yang harus dikerjakan bersama tim. Jangan terlalu memaksakan diri jika kamu tidak mempunyai waktu untuk melakukan suatu pekerjaan. Ingat bahwa kamu juga harus mengatur jadwal yang seimbang antara pekerjaan dengan kehidupan pribadimu.

2. Minta bantuan

Kamu juga bisa mengurangi stres dengan cara berbagi cerita kepada rekan kerja, teman dekat, atau keluargamu. Komunikasi tatap muka secara langsung lebih baik daripada berbagi cerita lewat media sosial.

[caption id="attachment_12359" align="aligncenter" width="600"] Jangan sungkan untuk meminta bantuan, karena tidak semua hal bisa kamu selesiakan sendirian[/caption]

Tanggapan yang kamu dapatkan dari media sosial tidak selalu positif sehingga hal tersebut justru dapat menambah tingkat stresmu -- lain halnya dengan bertemu secara langsung dan bercerita pada sahabat, rekan kerja, atau keluarga. Mereka mungkin tidak selalu bisa menyelesaikan masalah yang kamu alami, tetapi setidaknya mereka bisa menjadi pendengar yang baik.

3. Ambil cuti

Stres yang kamu alami mungkin terjadi karena kamu terlalu banyak menghabiskan waktu untuk pekerjaan, sehingga kamu tidak mempunyai waktu untuk dirimu sendiri.

Istirahatlah untuk sejenak dan manfaatkan hak cutimu. Kamu bisa pergi jalan-jalan, berolahraga, atau liburan ke suatu tempat yang dapat menyegarkan pikiran. Aktivitas tersebut dapat membuatmu rileks dan membantu menjernihkan pikiran sehingga kamu bisa memikirkan kembali dan memprioritaskan beban kerjamu dalam kondisi yang lebih baik.

4. Olahraga dan atur pola makan yang baik

Sempatkan untuk berolahraga setiap harinya. Olahraga yang dimaksud tidak perlu terlalu berat atau mengharuskanmu menghabiskan waktu di gym. Olahraga ringan seperti jogging, aerobik, atau sekedar melakukan stretching selama 30 menit sudah cukup untuk menenangkan syaraf. Sebagai tambahan, pola makanmu juga perlu diatur.

Beberapa makanan terbukti dapat meningkatkan stres, seperti makanan yang terlalu manis, karbohidrat olahan, dan minuman beralkohol dan berkafein tinggi. Kurangi konsumsi makanan tersebut dan ganti dengan makanan yang sehat seperti makanan yang banyak mengandung omega 3 dan serat. Makan dalam porsi kecil tetapi sering dapat mempertahankan kadar gula darah yang seimbang sehingga menghasilkan energi yang cukup dan menjaga tubuh tetap fokus saat beraktivitas.

5. Istirahat yang cukup

Olahraga teratur dan pengaturan pola makan yang baik akan lebih efektif dalam mengurangi stres saat ditambah dengan istirahat yang cukup. Tidur yang cukup dan berkualitas dapat mengurangi mood swing ketika bekerja.

[caption id="attachment_12360" align="aligncenter" width="600"] Pastikan kamu mendapatkan istirahat yang cukup agar produktivitasmu tidak terganggu[/caption]

Waktu tidur tidak harus memenuhi jam tertentu, yang penting setelah bangun tubuh kembali segar dan tidak terus-terusan merasa ngantuk. Kurangi aktivitas yang dapat menyebabkan gangguan tidur seperti mengkonsumsi kafein di sore hari, bermain HP sebelum tidur, atau memikirkan hal-hal yang menyebabkan stres.

Stres merupakan konsekuensi yang tak terhindarkan dari pekerjaan, namun jangan sampai kamu membiarkan dirimu stres secara berlarut-larut. Segera atasi ketika stres itu datang, dengan begitu kamu akan selalu nyaman dalam bekerja.

 

Masih mencari informasi lowongan pekerjaan? Cek halaman Kalibrr berikut dan dapatkan peluang kerja di perusahaan-perusahaan terbaik Indonesia! Kamu juga bisa mengikuti akun Instagram dan Facebook Kalibrr untuk mendapatkan tips dan informasi terbaru seputar pencarian kerja, lho!