Skip to main content
Career Advice

Tingkatkan Produktivitas Dengan Time Management yang Berkualitas

By Angitya Pangestika on May 5, 2018

Bagi kamu yang baru mendapat pekerjaan, mengatur waktu bukanlah hal yang mudah. Kamu perlu menyesuaikan cara kerjamu dengan jam kerja perusahaan: jangan sampai kamu semua tanggung jawab yang dibebankan padamu tidak mampu kamu selesaikan. Yuk perhatikan beberapa hal ini agar kamu bisa mengatur waktu kerja di kantor dengan baik!

1. Patuhi aturan waktu kerja

Setiap perusahaan memiliki jadwal kerja yang berbeda, meskipun rata-rata jam kerja dalam perusahaan adalah 8 jam per hari. Beberapa perusahaan memulai jam kerja awal seperti jam 8.00 atau 8.30, tetapi ada juga yang memulai kerja pada jam 9.00. Waktu istirahat yang diberikan pun bisa berbeda-beda mulai dari 30 menit hingga 1 jam.

Bagaimanapun waktu kerja tersebut, kamu harus memahami dan mengikutinya dengan baik sehingga kamu bisa menentukan jumlah pekerjaan yang dapat kamu selesaikan setiap harinya. Dengan menaati waktu kerja, etos kerjamu pun akan meningkat dan tidak dipertanyakan lagi.

2. Atur waktu untuk jadwal mendadak

Ada kalanya manager membuat janji meeting yang tidak terduga, padahal kamu masih harus menyelesaikan suatu pekerjaan. Untuk mengantisipasi hal-hal semacam ini, kamu harus meluangkan sedikit waktu untuk jadwal yang mendadak.

Selalu persiapkan waktu tambahan untuk jaga-jaga saat ada jadwal mendadak
Prioritaskan pekerjaan yang urgent dan membutuhkan waktu lama untuk diselesaikan. Kamu juga harus mengatur waktu tambahan untuk hal-hal yang berada baik di dalam maupun di luar lingkup kerja seperti kunjungan ke dokter, rapat dengan klien baru, dan lain-lainnya.

3. Buat deadline untuk setiap tugas

Kamu harus mengetahui kapan waktu yang tepat untukmu mengerjakan tugas. Beberapa orang dapat menyelesaikan tugas dengan baik di awal jam kerja, beberapa yang lain memiliki waktu yang prima di akhir jam kerja.

Jika kamu sudah memahami kapan waktu yang paling tepat untukmu bekerja, akan lebih mudah bagimu untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Buatlah deadline setiap kali mengerjakan tugas sehingga kamu bisa mencapai target yang diharapkan. Saat kamu mampu menyelesaikan pekerjaan kurang dari deadline yang kamu buat, kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk mereview tugas yang telah kamu kerjakan.

4. Ikuti ritme kerjamu

Ikuti ritme kerja yang sudah kamu buat sendiri sehingga orang lain akan lebih mudah untuk berhubungan denganmu. Mungkin pada hari-hari tertentu kamu datang lebih awal dan pulang lebih cepat.

Ikuti ritme kerjamu sendiri untuk produktivitas lebih tinggi
Rekan kerja akan dapat memahami ritme kerjamu dengan baik jika kamu konsisten dengan jadwalmu, sehingga mereka akan paham kapan waktu yang tepat untuk menyelesaikan suatu proyek ataupun tugas denganmu.

Time management yang baik akan meningkatkan produktivitas kerja. Kamu juga akan lebih fleksibel dalam bekerja karena kamu paham kapan kamu dalam puncak energi untuk bekerja dan kapan kamu bisa bersantai.

 

Masih mencari informasi lowongan pekerjaan? Cek halaman Kalibrr berikut dan dapatkan peluang kerja di perusahaan-perusahaan terbaik Indonesia! Kamu juga bisa mengikuti akun Instagram dan Facebook Kalibrr untuk mendapatkan tips dan informasi terbaru seputar pencarian kerja, lho!