Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > 4 Strategi Untuk Menjawab Pertanyaan “Mengapa Kami Harus Mempekerjakan Anda?”
For Jobseeker

4 Strategi Untuk Menjawab Pertanyaan “Mengapa Kami Harus Mempekerjakan Anda?”

Dedya Anwar

May 23 • 7 min read

Selain pertanyaan “Ceritakan Tentang Dirimu”, ada satu pertanyaan lagi yang mungkin akan membuat para jobseeker kebingungan untuk menjawabnya.

Pertanyaan itu adalah, “mengapa kami harus mempekerjakan anda?

Para jobseeker seringkali mendapatkan pertanyaan ini ketika sedang interview. Pertanyaan ini bertujuan untuk meyakinkan rekruter bahwa mereka tidak salah dalam memilih candidat yang akan bekerja dengan mereka nantinya. Oleh karena itu, jawaban yang kamu berikan harus bisa menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang tepat yang dapat memberikan solusi terhadap masalah rekruter. Untuk itu, kamu harus meyakinkan rekruter bahwa di antara sekian banyak kandidat, kamulah yang paling pantas mengisi posisi tersebut. Gunakan strategi berikut untuk menjawab pertanyaan ini!

1. Menjawab dengan keahlian dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan rekruter 

Salah satu cara yang kamu dapat gunakan adalah dengan menjelaskan secara detail dan rinci bahwa keahlian dan keterampilan yang kamu miliki sesuai dengan posisi yang dibutuhkan. Rekruter pastinya ingin memilih seseorang yang dapat memenuhi kualifikasinya, jadi pastikan bahwa jawabanmu berisi kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan untuk positi tersebut. Kamu juga dapat menunjukkan hasil karya atau portofolio yang pernah kamu buat dan tentunya relevan dengan posisi yang kamu lamar.

Contoh: “Saya dengar bahwa posisi ini membutuhkan seseorang yang selalu update dengan perkembangan teknologi. Dengan keahlian dan keterampilan saya dalam bidang IT, saya yakin bahwa saya adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi ini. Hal tersebut terbukti dari lampiran pengalaman serta pencapaian yang telah saya cantumkan pada portofolio saya.”

2. Menjelaskan bagaimana kamu akan memberikan kontribusi bagi perusahaan

Untuk dapat menjawab pertanyaan ini, kamu harus melakukan riset terkait posisi serta perusahaan yang kamu lamar. Kamu dapat mencari tahu terlebih dahulu informasi profil perusahaan, visi dan misinya, budaya kerta, serta produk dan layanan yang mereka miliki. Dengan begitu, kamu tahu bagaimana kamu dapat bekerja dan berkontribusi di perusahaan tersebut.

Contoh: “Saya membaca pada website perusahaan bahwa perusahaan ini memiliki visi untuk dapat terus secara profesional memberikan layanan audit yang maksimal kepada kliennya. Saya merupakan lulusan S1 Akutansi dan memiliki pengalaman bekerja sebagai auditor selama 1 tahun terakhir. Dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman yang saya miliki, saya dapat membantu perusahaan untuk terus memberikan layanan audit yang terbaik kepada kliennya.”

3. Memastikan kamu memiliki latar belakang pendidikan yang serupa

Apabila kamu belum memiliki pengalaman kerja, jawaban yang dapat kamu jadikan pertimbangan ketika mendapatkan pertanyaan tersebut yaitu menjelaskan bahwa pendidikan yang kamu tempuh sesuai dengan posisi tersebut, sehingga kamu tidak akan mengalami kesulitan dalam mengikuti arus kerja.

Contoh: “Saya merupakan lulusan dari jurusan Akutansi, yang merupakan jurusan yang dibutuhkan untuk posisi ini. Meskipun saya masih fresh graduate dan belum memiliki banyak pengalaman, namun selama masa kuliah saya aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan organisasi dan mengikuti berbagai macam pelatihan di bidang ini. Dengan demikian, pengalaman yang telah saya peroleh tersebut sudah membuat saya terbiasa bekerja baik dalam sebuah tim maupun individu, sehingga saya bisa belajar dengan cepat serta mudah dalam beradaptasi.”

4. Menunjukkan antusiasme kamu untuk bekerja di posisi yang kamu lamar

Ketika menjawab pertanyaan tersebut, tentunya kamu harus menunjukkan antusias dan semangat kamu. Hal tersebut agar kamu dapat meyakinkan rekturer bahwa kamu benar-benar menginginkan pekerjaan yang tengah kamu lamar sehingga mereka akan tertarik dan termotivasi untuk memilih kamu.

Contoh: “Saya telah bekerja di bidang IT selama 4 tahun terakhir. Selain memiliki keterampilan dan keahlian yang dibutuhkan sebagai IT, saya juga seseorang yang tech savvy dan selalu antusias dengan teknologi. Oleh karena itu, dengan bekerja di posisi IT akan memungkinkan saya untuk dapat terus meningkatkan keterampilan saya dalam bidang yang saya gemari.”

Untuk lebih menunjukkan antusias kamu dan semangat kamu ketika wawancara, kamu juga bisa mengajukan Pertanyaan yang Wajib Kamu Tanyakan Saat Wawancara Kerja kepada rekruter. Dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan, kamu dapat memperlihatkan keahlian, pengetahuan, pengalaman, dan upaya yang telah kamu kerahkan untuk mengenal mereka lebih banyak serta mengetahui kecocokkanmu dengan posisi yang kamu lamar.

Wawancara kerja merupakan sebuah kesempatan bagi kamu untuk meyakinkan rekruter bahwa kamu adalah kandidat yang tepat untuk mengisi posisi yang dibutuhkan. Jadi, jangan lupa untuk perbanyak latihan juga.


Masih mencari informasi lowongan pekerjaan? Cek halaman Kalibrr berikut dan dapatkan peluang kerja di perusahaan-perusahaan terbaik Indonesia! Kamu juga bisa mengikuti akun Instagram dan Facebook Kalibrr untuk mendapatkan tips dan informasi terbaru seputar pencarian kerja, lho!

Share Via:

About The Writer

Hello! My name is Dedya Anwar or you can call me Daril.  More about Dedya Anwar

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!