Skip to main content
Job Interview Tips

Strategi Untuk Menjawab Pertanyaan “Mengapa Kami Harus Mempekerjakan Anda?”

By Angitya Pangestika on May 5, 2018

Selain pertanyaan "Ceritakan Tentang Dirimu", ada satu pertanyaan lagi yang mungkin akan membuat para jobseeker kebingungan untuk menjawabnya.

Pertanyaan itu adalah, “mengapa kami harus mempekerjakan anda?”

Pertanyaan ini bertujuan untuk meyakinkan rekruter bahwa mereka tidak salah pilih kandidat yang akan bekerja dengan mereka nantinya. Jawabanmu harus menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang tepat yang dapat memberikan solusi terhadap masalah rekruter, untuk itu kamu harus meyakinkan rekruter bahwa di antara sekian banyak kandidat, hanya kamulah yang pantas mengisi posisi tersebut. Gunakan strategi berikut untuk menjawab pertanyaan ini!

1. Fokus pada kebutuhan rekruter dan kualifikasi yang kamu miliki

Meskipun pertanyaan ini ditujukan untukmu, jawaban yang kamu berikan harus dapat memenuhi kebutuhan rekruter. Rekruter ingin mempekerjakan seseorang yang dapat memberikan kontribusi positif terhadap perusahaan, jadi pastikan bahwa jawabanmu berisi kualifikasi yang sesuai dengan posisi tersebut.

Contoh: “Saya dengar bahwa posisi ini membutuhkan seseorang yang dapat bekerja secara fleksibel dan mampu memimpin sebuah tim dalam jumlah besar. Dengan pengalaman saya sebagai ketua proyek di pekerjaan sebelumnya, saya yakin bahwa saya adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi ini.”

2. Pastikan bahwa kamu dapat menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan

Menurut survey yang dilakukan oleh Cubiks, sebuah firma internasional, 8 dari 10 rekruter mengatakan bahwa mereka akan mempekerjakan kandidat yang dapat menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan. Oleh karena itu, kamu harus dapat memahami budaya perusahaan dengan baik. Berikan jawaban yang menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang mudah beradaptasi dan mampu menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan tersebut.

Contoh: “Saya adalah orang yang cekatan dan tidak suka menunda pekerjaan. Jadi, saya rasa saya akan mudah menyesuaikan diri dengan tempo kerja di perusahaan FMCG ini.”

3. Yakinkan mereka dengan balik bertanya

Interview bukan komunikasi yang bersifat satu arah, melainkan dua arah. Ketika kamu sudah memberikan jawaban mengapa kamu pantas bekerja di perusahaan tersebut, kamu bisa meyakinkan diri dengan balik bertanya kepada rekruter, tetapi pertanyaan yang kamu ajukan sebaiknya hanya mencakup kualifikasi dirimu dan posisi yang ditawarkan, bukan sebaliknya.

Ajukan pertanyaan untuk menunjukkan ketertarikan dan meyakinkan rekruter!
Contoh: “Saya menyukai perusahaan startup seperti perusahaan ini, karena banyak hal yang bisa saya lakukan untuk mengembangkan diri sekaligus mengembangkan perusahaan ini. Saya merasa tujuan saya dan perusahaan sama yaitu memperluas jaringan sehingga meningkatkan eksistensi diri. Bagaimana pendapat Anda?”

4. Tunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang menyenangkan

Rekruter menyukai kandidat yang ramah dan menyenangkan. Tunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang menyenangkan melalui sikap dan jawabanmu saat interview.

Perlihatkan sikap santun dan ramah
Kamu harus menunjukkan sikap yang santai tetapi santun selama interview berlangsung. Hal ini secara tidak langsung menunjukkan kepribadianmu saat akan bekerja nantinya. Kamu juga tidak boleh memberikan jawaban yang terlalu merendah atau terlalu menyombongkan diri. Ucapan dan perbuatan yang kamu lakukan saat interview secara tidak langsung menunjukkan kepribadianmu.

 

Gunakanlah strategi tersebut dengan percaya diri sehingga rekruter akan merasa yakin bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk dipekerjakan. Fokus pada kekuatanmu ketika memberikan jawaban, tetapi jangan terlalu berlebihan dengan menyatakan bahwa kamu dapat dengan cepat menguasai segala hal.

 

Masih mencari informasi lowongan pekerjaan? Cek halaman Kalibrr berikut dan dapatkan peluang kerja di perusahaan-perusahaan terbaik Indonesia! Kamu juga bisa mengikuti akun Instagram dan Facebook Kalibrr untuk mendapatkan tips dan informasi terbaru seputar pencarian kerja, lho!