Skip to main content
Job Interview Tips

Manfaatkan Media Sosialmu untuk Job Hunting!

By Angitya Pangestika on April 4, 2018

Sudah menemukan pekerjaan yang cocok untukmu? Atau kamu malah bosan dengan pekerjaanmu yang sekarang dan ingin pindah, tapi tidak tahu kemana?

Jangan khawatir, kamu tidak sendirian. Mencari pekerjaan yang cocok memang bukan hal yang gampang, namun kita sudah dipermudah dengan kecanggihan teknologi di era digital ini.

Cara termudah untuk mencari pekerjaan di antaranya adalah dengan memanfaatkan media sosial. Media sosial dapat menjadi sarana yang paling tepat untuk bersosialisasi dan networking, tetapi jika kamu tidak bisa memanfaatkannya dengan baik, media sosial juga bisa merugikanmu. Lalu bagaimana cara untuk menggunakan media sosial dalam mencari pekerjaan? Educate yourself with these tips on using social media to help your job hunting!

Tentukan jenis media sosial yang cocok bagimu

Menurut para profesional, media sosial yang paling cocok digunakan dalam mencari pekerjaan adalah LinkedIn dan Twitter. Namun, kedua media sosial ini cukup memerlukan pemeliharaan yang tinggi, khususnya Twitter.

Facebook, Instagram, atau Twitter? Pilih yang paling sesuai bagimu!
Jika kamu memiliki banyak waktu luang, mungkin Twitter adalah pilihan yang tepat untuk mengikuti postingan-postingan pekerjaan, tetapi jika tidak kamu akan banyak ketinggalan informasi. Untuk itu pilihlah media sosial yang menurutmu paling nyaman digunakan dan sesuai dengan tujuan dunia kerja yang ingin kamu masuki. Instagram dan Pinterest juga merupakan media yang cocok untuk mendapat informasi pekerjaan, khususnya yang berhubungan dengan industri visual.

Kembangkan online branding melalui media sosial

Setelah menemukan media sosial yang menurutmu paling nyaman untuk digunakan, sekarang saatnya kamu membangun profil dirimu. Kamu harus bisa ‘menjual’ dirimu melalui akun media sosial yang kamu punya.

Buat personal brandingmu di media sosial
Saat ini sudah banyak perusahaan yang melakukan rekrutmen dengan melihat profil media sosial dari para pelamar, jadi kamu wajib mengelola media sosialmu dengan baik dengan cara mengupdate profilmu, sering melakukan interaksi dengan pengikutmu, dan memasang hal-hal yang menunjukkan potensimu. Hal ini akan sangat bermanfaat ketika rekruter mencari namamu di Google dan mereka dapat melihat dirimu secara profesional dari akun media sosial yang kamu gunakan.

Jangan memposting hal-hal yang sensitif

Karena kemungkinan besar akun media sosialmu akan dilihat oleh rekruter, kamu harus berhati-hati dalam membuat postingan. Jangan memasang hal-hal yang sensitif seperti isu agama dan etnis, pandangan negatif terhadap suatu kebijakan politik, dan konten-konten yang tidak pantas. Selain mencegah diri dari memasang hal-hal yang sensitif, kamu juga harus rajin mengecek feed atau wall akunmu. Jangan sampai feed atau wall-mu berisi postingan yang kurang pantas yang dikirim oleh teman atau pengikutmu.

Ikuti grup yang sesuai dengan ketertarikanmu

Langkah selanjutnya untuk mendapatkan pekerjaan melalui media sosial adalah dengan mengikuti grup yang berbagi ketertarikan dan tujuan yang sama denganmu. Facebook , Twitter, dan LinkedIn menyediakan sarana untuk membuat grup. Dengan mengikuti grup pencarian kerja atau perusahaan tertentu, kamu akan mendapatkan informasi yang up to date mengenai pekerjaan yang kamu inginkan.

Mulai terhubung dengan teman-teman lama

Selain bergabung dengan grup, kamu juga bisa memperluas jaringan dengan menghubungi teman lamamu.

Manfaat networking teman-teman lama
Tanyakan pada mereka apakah mereka memiliki informasi pekerjaan yang kamu inginkan. Kamu juga bisa melihat bagaimana kabar mereka dalam pekerjaan yang sedang mereka jalani. Dengan kembali terhubung dengan teman lama, kamu bisa saling berbagi hal-hal yang berkaitan dengan profesionalisme dalam bekerja.

Temukan pekerjaan yang sesuai

Terakhir, pilih pekerjaan yang telah ditawarkan dalam berbagai media sosial yang kamu ikuti.

Rajin-rajinlah mencari kesempatan berkarir di media sosial!
Kamu bisa langsung mendaftar dengan mengirim persyaratan yang diminta melalui e-mail atau langsung pada website perusahaan tersebut. Dengan demikian, kamu telah sukses menggunakan media sosial dalam proses job hunting.

Masih mencari informasi lowongan pekerjaan? Cek halaman Kalibrr berikut dan dapatkan peluang kerja di perusahaan-perusahaan terbaik Indonesia! Kamu juga bisa mengikuti akun Instagram dan Facebook Kalibrr untuk mendapatkan tips dan informasi terbaru seputar pencarian kerja, lho!