Skip to main content
Career Advice

Kamu Nervous? Ini 5 Tips Agar Hari Pertama Kerjamu Mengesankan!

By Diah Wahyu Asih on March 3, 2018

Hari pertama masuk kerja, baik itu pekerjaan pertama atau pekerjaan kesekian, pasti selalu mendebarkan.

Siapapun pasti pernah merasakan canggungnya hari pertama di kantor baru. Kesan yang kamu tunjukkan di hari pertama kerja juga dapat sangat menentukan bagaimana pandangan bos dan rekan kerja terhadapmu. Kamu merasa gugup? Jangan khawatir dulu. Simak 5 tips berikut agar hari pertama kerjamu memukau!

1. Persiapkan diri dengan baik

Ada beberapa hal yang sebaiknya kamu persiapkan sebelum berangkat kerja. Pertama, pastikan kamu sudah mengetahui dress code yang digunakan di kantor agar kamu tidak salah kostum. Bawalah barang-barang yang kamu perlukan saja, seperti dokumen-dokumen resmi yang akan dibutuhkan di hari pertama kerja, notebook, laptop, pensil, dan beberapa barang untuk keperluan pribadi. Persiapkan juga rute dan waktu perjalananmu ke kantor. Akan lebih baik jika kamu sampai 10-15 menit lebih awal.

Tentukan rute perjalanan agar kamu bisa sampai lebih awal
Selain persiapan materi, kamu juga harus mempersiapkan diri secara mental. Ketika hari H tiba, kamu harus mampu bersosialisasi dan mengakrabkan diri. Perlihatkan antusiasme dan semangatmu agar rekan kerja juga merasa senang saat memberikan arahan dan bantuan. Jika kamu menciptakan persepsi bahwa kamu merupakan pribadi yang ramah, kamu dapat membangun rasa percaya dengan mudah.

2. Perkenalkan diri dengan mantap

Terlepas dari berapapun jumlah karyawannya, kamu mungkin akan merasa nervous saat harus berbicara di depan banyak orang. 

Jabat tangan yang mantap menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang tegas dan percaya diri
Perkenalkan dirimu dengan rasa percaya diri: ceritakan siapa dirimu, di mana kamu sempat bersekolah atau bekerja sebelumnya, bahkan passion dan cita-cita. Perhatikan kontak mata dan usahakan untuk selalu tersenyum untuk meninggalkan kesan positif.

3. Miliki semangat untuk terus belajar dan berkembang

Kamu mungkin begitu bersemangat di posisi barumu dan ingin segera melakukan sesuatu, namun hal pertama yang harus kamu lakukan adalah belajar. Seberapapun luasnya pengetahuan yang kamu miliki, kamu tetap akan mengawali pekerjaanmu dengan belajar dan beradaptasi terlebih dahulu karena setiap perusahaan memiliki kultur, ketentuan, dan aturan main yang berbeda.

Dengarkan pendapat rekan kerja dan belajarlah dari mereka
Michael Watkins, penulis panduan The First 90 Days, mengungkap bahwa ketidakmampuan dalam memahami budaya kantor merupakan salah satu faktor utama yang menjadi alasan seseorang keluar dari perusahaan. Kamu harus merasakan keunikan, kehidupan “politik”, dan kebiasaan orang-orang di kantor sehingga kamu dapat membaur dan tahu bagaimana harus bersikap. Jadilah seperti spons yang selalu haus akan pengetahuan.

4. Jangan malu bertanya

Holly Paul, recruiter lead di PricewaterhouseCooper, mengatakan bahwa, “kemauan untuk bertanya menunjukkan bahwa kamu siap untuk belajar lebih banyak.” Manfaatkan status newbie-mu untuk bertanya dan meminta bantuan. Begitu kamu memiliki pengetahuan yang cukup, tim akan berharap kamu bisa memberikan kontribusi dan jawaban atas pertanyaan kamu sendiri.

Bertanyalah agar kamu bisa menggali informasi lebih dalam
Tanyalah sebanyak-banyaknya seluk beluk perusahaan dan pekerjaanmu, dari hal-hal yang penting hingga yang terkesan sepele. Pahami struktur organisasi agar kamu dapat meminta arahan atau saran dari orang yang tepat jika kamu membutuhkan bantuan sewaktu-waktu. Tanyakan pula beberapa hal seperti apa yang sedang mereka kerjakan, akronim-akronim yang biasa dipakai, kapan waktu makan siang, dan obrolan kecil lain yang dapat mempererat hubungan kerjamu dengan rekan. 

5. Buat rencana kerja

Persiapkan rencana kerja untuk 30, 60 hingga 90 hari ke depan dan perlihatkan keseriusan serta komitmenmu terhadap keberhasilan pekerjaan. Membuat rencana kerja menunjukkan bahwa kamu memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk menyusun time management pribadi.

Persiapan itu perlu agar kamu dapat menunjukkan performa terbaik
Rencana yang kamu buat juga dapat kamu konsultasikan dengan atasan—mungkin saja ia memiliki masukan yang bisa membantu agar rencana kerjamu lebih efisien. Dalam mempersiapkan rencana kerja, kamu bisa mulai dengan riset sederhana untuk memperoleh gambaran dari apa yang ingin kamu capai dan bagaimana cara mencapainya. Karena proses pembuatan rencana kerja memakan waktu yang tidak singkat, kamu dapat mempersiapkan rencana kerja beberapa hari sebelum hari pertama kamu kerja. Tidak ada salahnya mempersiapkan lebih awal demi hasil yang mengesankan bukan?

__________________________________________________________________________________________________________________________

Masih mencari informasi lowongan pekerjaan? Cek halaman Kalibrr berikut dan dapatkan peluang kerja di perusahaan-perusahaan terbaik Indonesia!