Skip to main content
Career Advice

Bosan Dengan Pekerjaan? Coba Cara Berikut Untuk Mengatasinya, Yuk!

By Dwi Fitria Aprilianti on March 3, 2018

Saat kamu merasa rutinitasmu terkesan monoton, kamu mungkin akan mulai kehilangan semangat dalam bekerja.

Lantas bagaimana caranya agar kamu dapat keluar dari kebosanan ketika kamu mencapai titik jenuh dalam bekerja? Cari tahu dengan langkah-langkah berikut, yuk!

1. Cari tahu penyebabnya

Bagaimana kamu bisa mengatasi kebosananmu kalau kamu tidak tahu penyebabnya? Ada banyak hal yang mungkin membuatmu bosan. Hal pertama, kebosananmu mungkin dikarenakan beban pekerjaanmu yang terlalu banyak sehingga kamu harus menghabiskan mayoritas waktumu di meja kerja. Kamu tidak bisa melihat hal-hal lain dan hanya dihadapkan dengan pemandangan itu-itu saja.

Cari tahu penyebab kebosananmu
Penyebab kedua mungkin adalah kurangnya jenis atau variasi tugas yang diberikan padamu. Terlalu banyak waktumu yang kosong sehingga kamu merasa kebingungan dan tidak memaksimalkan potensimu. Jika kamu sudah mengetahui penyebab kebosananmu, berikutnya kamu bisa menentukan langkah yang tepat untuk mengatasinya.

2. Tingkatkan keingintahuan

Kebosanan juga bisa disebabkan karena keingintahuanmu dalam bekerja mulai berkurang. Kamu merasa kamu sudah paham dengan tugas-tugasmu di kantor, jadi tidak ada sesuatu yang baru untuk kamu bisa pelajari. Jika kamu terus berpikiran seperti ini kamu tidak hanya merasa bosan tapi kamu juga tidak akan bisa berkembang.

Selalu penuhi dirimu dengan rasa ingin tahu
Teruslah cari pengetahuan baru dan jadilah orang yang selalu ingin tahu. Kamu bisa melihat pekerjaan temanmu di bidang lain dan mencari tahu serta mempelajari bagaimana cara melakukannya, atau kamu juga bisa mencoba memposisikan diri sebagai klien dan membayangkan kira-kira apa yang mereka inginkan dari kamu atau perusahaanmu.

Kamu juga bisa browsing hal-hal menarik yang berhubungan dengan pekerjaanmu. Usahakan yang kamu cari adalah tips penting dalam bekerja. Kamu bisa menggunakan tips yang sangat bermanfaat dari Kalibrr ini.

3. Berhenti menghitung dan mengeluh

“Aku sudah bekerja di sini selama 3 bulan, lalu apa yang sudah aku dapatkan?” “Kenapa jam rasanya jalannya lambat banget, ya? Udah bikin laporan lama, tapi ternyata baru lima menit berlalu,” adalah contoh pemikiran-pemikiran yang harus dihindari.

Kenapa? Karena hal itu hanya akan menambah kebosanan kamu. Terus melihat jam atau menghitung waktu tidak akan mempercepat waktu, malah hanya membuat waktu terasa berjalan lebih lama. Fokus saja pada apa yang sedang kamu kerjakan. Saat kamu fokus waktu yang berjalan tidak akan terasa lama. Time flies while we’re having fun, remember?

Cobalah untuk tidak mengeluh dan ungkapkan perasaanmu
Kamu juga harus mencoba untuk tidak mengeluh. Mengungkapkan pikiran dan perasaan memang bisa meringankan beban pikiran, tetapi pengungkapan pikiran yang berlebihan dapat menjadi tidak sehat. Kamu hanya akan merasa tidak bahagia dan cepat marah. Hati-hati juga saat curhat tentang kebosananmu dengan teman yang sama-sama bosan. Bisa-bisa kalian akan melakukan sesuatu yang hanya akan kalian sesali, misalnya keluar dari pekerjaan, tanpa perhitungan atau pikir panjang.

4. Hiburlah dirimu dengan sesuatu yang menyenangkan

Carilah sesuatu yang bisa membuatmu tersenyum bahkan tertawa selagi di kantor. Kamu bisa meninggalkan pekerjaanmu sejenak untuk menonton TV atau video lucu di Youtube. Kamu juga bisa santai dan bermain sejenak dengan rekan kerjamu, misalnya bermain tenis meja saat istirahat.

Segarkan kembali pikiran dengan aktivitas baru!
Atau kamu bisa ambil laptopmu dan kerjakan tugasmu di kafe terdekat. Pemandangan baru akan memberikan inspirasi yang baru pula. Seperti kata Stephanie Jolluck, pemenang Spanx Female Entrepreneur Award, dilansir dari fastcompany.com, “Saat saya merasa bosan, saya akan jalan-jalan ke luar. Baik hujan maupun cerah, suasana di luar selalu memberikan persepsi yang baru dan inspirasi yang segar.”

5. Move on

Jika cara-cara di atas masih belum bisa membuat kamu keluar dari kebosanan di kantor, ini saatnya kamu memikirkan langkah selanjutnya. Hal ini berarti kamu sudah tidak cocok lagi dengan keadaan kantor atau dengan pekerjaan kamu sekarang. Waktunya kamu move on ke pekerjaan lain yang bisa memenuhi rasa penasaranmu dan sesuai dengan passion kamu. Mulailah mencari info lowongan pekerjaan yang baru. Tetap selesaikan pekerjaanmu yang sekarang sembari mencari pekerjaan baru.

Kebosanan bisa datang kapan saja dan menimpa siapa saja. Ketika kebosanan itu datang padamu, cobalah keluar mengikuti langkah-langkah di atas. Kamu pasti akan segera keluar dari kebosanan itu dan bisa memulai pekerjaan dengan semangat dan inspirasi baru.

Masih mencari informasi lowongan pekerjaan? Ayo bergabung bersama Kalibrr di sini dan daftar ke pekerjaan pertamamu sekarang!