Skip to main content
Career Advice

Bingung Bagaimana Cara Mengelola Gaji Pertama? Yuk Ikuti Langkah Smart Berikut!

By Angitya Pangestika on March 3, 2018

Setelah satu bulan mengerjakan tugas-tugas, mengikuti meeting kesana kemari, dan menghabiskan waktu di meja kerja, tiba saatnya bagimu untuk menerima gaji pertama.

Selamat! Akhirnya perjuanganmu untuk bangun pagi, tidak tidur semalaman demi mengejar deadline, dan berbagai stres yang kamu dapatkan dari pekerjaan selama ini telah membuahkan hasil. Uang hasil jeri payahmu selama satu bulan telah ada di genggaman.

Kelola gaji pertamamu dengan smart dan jangan boros!
Gaji ini adalah hasil kerja kerasmu, namun kamu harus tetap berhati-hati dalam menggunakannya. Jangan sampai di akhir bulan gajimu sudah keburu habis. Bagi kamu yang bingung bagaimana caranya untuk mengelola gaji pertamamu, simak langkah smart berikut agar kamu tidak kehabisan uang gaji di akhir bulan.

1. Bayar tagihan dan hutang

Kamu mungkin sudah memiliki tunggakan tagihan sebelum mendapat gaji pertama, misalnya tunggakan uang kos, tagihan listrik dan air, atau tunggakan biaya-biaya lainnya.

Bayar semua tagihan dan hutang agar kamu tenang
Saat kamu sudah menerima gaji pertama, segera lunasi tagihan-tagihan itu agar tidak menumpuk dan membebanimu di masa yang akan datang. Saat kamu sudah tidak mempunyai hutang, kamu pun pasti akan merasa lega!

2. Belanjakan untuk kebutuhan penting

Buatlah daftar belanjaan dan susun kebutuhanmu, seperti makanan, peralatan mandi dan mencuci serta kebutuhan lainnya, berdasarkan prioritas penggunaannya.

Belanjakan gaji untuk kebutuhan pokokmu selama sebulan
Usahakan daftar belanjamu memuat barang-barang yang cukup untuk kamu gunakan selama satu bulan agar kamu dapat memulai rutinitas belanja bulananmu. Berlatihlah untuk membuat skala prioritas terhadap kebutuhanmu, karena belum tentu semua kebutuhan dan keinginan bisa kamu penuhi setiap waktu.

3. Sisihkan sebagian untuk menabung

Berjaga-jagalah, karena suatu saat mungkin saja kamu akan menjumpai keadaan tidak terduga yang mengharuskanmu untuk menghabiskan uangmu. Mulai dari gaji pertama, sisihkan sebagian uangmu untuk menabung.

Jangan lupa untuk menyisihkan gajimu untuk tabungan!
Mungkin ada kalanya kamu tidak perlu mengeluarkan uang tabunganmu itu, tetapi tidak ada salahnya untuk memiliki cadangan dana karena kebutuhan mendadak tidak ada yang tahu kapan datangnya. Persiapkan uang untuk kebutuhan mendadak sedini mungkin.

4. Manjakan dirimu

Tujuanmu bekerja adalah untuk memuaskan dirimu sendiri, jadi kamu sangat berhak menggunakan gajimu untuk kesenanganmu sendiri. Lakukan hal-hal yang membuatmu bahagia, seperti membeli atau mencoba sesuatu yang sangat kamu inginkan.

Manjakan diri, lakukan hal-hal yang membuatmu bahagia
Kamu juga bisa menggunakan uangmu untuk jalan-jalan untuk menyegarkan kembali pikiranmu. Ajaklah orang tua, saudara, atau teman-temanmu untuk sama-sama menikmati hasil jerih payahmu selama ini. Satu hal yang perlu diingat, walaupun kamu bebas memanjakan diri dengan uang gajimu, kamu juga harus membatasi budget yang kamu keluarkan agar kamu tidak kehabisan uang di akhir bulan.

Dengan mengikuti langkah smart di atas kamu tidak akan bingung lagi ketika menerima gaji. Kamu juga tidak akan kehabisan uang di akhir bulan karena kamu sudah membuat anggaran yang bijak. Saat kamu berhasil mengelola gaji pertamamu dengan baik, gaji selanjutnya juga akan mudah dikelola dan memberi banyak keuntungan untuk kamu sendiri.

Masih belum merasakan senangnya mendapatkan gaji pertama? Ayo bergabung bersama Kalibrr di sini dan daftar ke pekerjaan pertamamu sekarang!