Skip to main content
Career Advice

4 Cara untuk Mengetahui Perusahaan yang Cocok Untukmu!

By Diah Wahyu Asih on February 2, 2018

Menentukan tempat kerja yang cocok adalah sesuatu yang harus kamu pertimbangkan dengan matang, karena nantinya kamu akan berhadapan dengan kultur, lingkungan dan rekan kerja di perusahaan setiap harinya. Jangan sampai nantinya kamu menyesal karena sudah menandatangani kontrak kerja.

Pertimbangkan matang-matang sebelum kamu memutuskan perusahaan pilihanmu
Sebelum memutuskan tempat berkarir pilihan, pastikan kamu melakukan 4 hal berikut agar kamu membuat keputusan yang tepat!

1. Baca Profil Perusahaan

Bouvier Williams, EdD, presiden dari Young Personal Brand Solution, menganjurkan pencari kerja untuk mempelajari perusahaan melalui laporan tahunan, artikel yang mengulas perusahaan, dan website perusahaan -- sebelum memutuskan untuk mengirimkan lamaran. Penting bagimu untuk mengetahui seluk beluk perusahaan agar kamu mempunyai bayangan seperti apa tanggung jawab, tugas, bahkan perkembangan karirmu ke depan.

Lingkungan di dalam kantor mencerminkan kondisi dan kultur perusahaan
Selain melihat profil perusahaan dari website resmi, manfaatkan juga media sosial untuk menggali informasi lebih dalam tentang perusahaan yang akan kamu lamar. Menggali informasi dari media sosial memungkinkan kamu untuk melihat bagaimana suatu perusahaan menampilkan personanya di dunia maya. Salah satu cara untuk menganalisa perusahaan melalui media sosial adalah dengan melihat konten dan pesan-pesan yang mereka posting. Seperti apa foto yang mereka post? Apakah foto yang diambil secara langsung dan candid atau hanya berupa foto stock saja? Hal-hal seperti ini dapat memberikan banyak informasi yang tidak diduga-duga.

Kamu juga bisa menilai suatu perusahaan dari pendapat orang lain atau karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut, contohnya melalui komentar yang tertera di media sosial perusahaan atau ulasan karyawan yang dipasang di website seputar review tempat kerja.

2. Perhatikan Lingkungan Sekitar

Setelah memantapkan langkah untuk melamar ke perusahaan pilihan dan mendapatkan panggilan, inilah kesempatan bagimu untuk mengenal perusahaan dari dalam. Seorang pakar budaya dan politik kantor, Jocelyn Greenky, menyarankan  bahwa begitu kamu menginjakkan kaki di kantor perusahaan, mulailah perhatikan lingkungan sekitar. Bagaimana penampilan karyawan yang bekerja di sana? Apakah tempat kerjanya terlihat nyaman? Apakah komunikasi yang dijalin santai dan terbuka?

Mulailah perbincangan ringan dengan calon rekan atau calon bos
Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah gerak-gerik dan bahasa tubuh. Lihatlah apakah orang-orang tersenyum, apakah mereka tampak sibuk, apakah mereka terlihat senang berada di sana saat bekerja dan apakah mereka terlihat menunggu jam pulang. "Tidak semua orang di perusahaan bisa mengalami hari yang buruk pada saat bersamaan," ungkap Bouvier Williams. Jadi jika kamu dikelilingi oleh orang-orang dengan wajah berkerut, hal tersebut seharusnya menjadi sinyal lampu kuning buatmu.

3. Kenali Calon Rekan dan Bos Kamu

Kenali calon rekan kerja melalui perbincangan santai. Ketika kamu sudah dipersilakan masuk, kamu memiliki kesempatan untuk mengenal karyawan yang bekerja di sana. Bicaralah dengan sebanyak mungkin orang yang bisa kamu ajak bicara. Kenali mereka dan tanyakan beberapa hal. Apa yang sedang mereka kerjakan? Apa yang ingin mereka capai? Apa hambatan yang muncul? Pahami jawaban mereka karena informasi tersebut akan membantumu mengenal perusahaan beserta kulturnya.

Manfaatkan kesempatan wawancara untuk menggali informasi perusahaan.
Perhatikan pula jenis orang yang kamu temui. Jika kamu mengidentifikasi mereka sebagai orang-orang yang berbakat dan termotivasi serta telah lama berada di sana, itu adalah sinyal bagus. Memiliki rekan kerja yang optimis akan berdampak positif terhadap performa kerjamu.

Selain calon rekan, jika kamu memiliki kesempatan untuk berbincang dengan calon atasan, manfaatkanlah peluang tersebut untuk bertanya tentang beberapa hal. Tanyakan beberapa hal terkait visi dan misi perusahaan, arti kesuksesan, dan mintalah pandangan pribadinya terhadap perusahaan. Jika calon atasanmu menghindari pembicaraan semacam ini, pertimbangkan hal tersebut sebagai sinyal kurang baik.

4. Ajukan Pertanyaan Saat Wawancara

Interaksi dengan pewawancara selama proses wawancara merupakan saat yang tepat untuk mendapat wawasan dan petunjuk dan mengetahui kesesuaianmu dengan perusahaan. Pastikan kamu mengajukan pertanyaan yang memberikan informasi yang kamu butuhkan. Usahakan untuk mengajukan pertanyaan yang terarah dan terbuka. Cek 9 Pertanyaan yang Wajib Kamu Tanyakan Saat Wawancara dan ketahui apa yang sebaiknya kamu tanyakan selama proses wawancara berlangsung.

Ada banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan perusahaan pilihan. Praktekkan keempat tips di atas, pikirkan matang-matang, dan semoga berhasil!

Masih mencari informasi lowongan pekerjaan? Cek halaman Kalibrr berikut dan dapatkan peluang kerja di perusahaan-perusahaan terbaik Indonesia!